15 Juta UKM Sudah Melek Sistem Online

redaksi.co.id - 15 Juta UKM Sudah Melek Sistem Online JAKARTA -- UKM semakin melek teknologi. UKM di Indonesia kini sudah mulai memanfaatkan teknologi untuk mendukung pemasaran...

16 0

redaksi.co.id – 15 Juta UKM Sudah Melek Sistem Online

JAKARTA — UKM semakin melek teknologi. UKM di Indonesia kini sudah mulai memanfaatkan teknologi untuk mendukung pemasaran usaha. Berdasarkan data Kementrian, saat ini 15 juta UKM telah memanfaatkan sistem online. Namun, jumlah ini masih kecil dibandingkan jumlah UKM yang ada.

Sebagian para UKM ini memanfaatkan Facebook Pages untuk membantu pemasaran. Facebook kini bukan lagi media sosial yang hanya digunakan untuk berbagi moment atau cerita. Seiring berjalannya waktu sejak pertama kali Facebook berdiri tahun 2004 hingga 2015 ini, pengguna Facebook semakin kreatif memanfaatkan Facebook pages mereka.

Bukan sekadar berbagi informasi dan sharing moment, tapi juga sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Terutama bagi kalangan usaha kecil menengah (UKM) di seluruh dunia.

“Di Indonesia ini apa saja bisa diperdagangkan,” ujar Waizly Darwis, Head of Small and Medium Business (SMB), di IG Lounge SMESCO, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (22/9).

Hanya saja, menurutnya masih banyak pelaku UKM yang perlu dibantu dan masih harus digenjot lagi agar Facebook Pages dapat membawa bisnis mereka bukan saja di negara tersebut namun juga dikenal oleh dunia. Misalnya saja seperti tas bagspace milik brand Thailand yang masuk pasar Indonesia melalui Facebook Pages.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!