Ini Saran Fatwa buat Ahok

redaksi.co.id - Ini Saran Fatwa buat Ahok Basuki Tjahaja Purnama disarankan mengikuti kunci sukses pendahulunya, Ali Sadikin, yang selalu menjaga hubungan baik dengan masyarakat Jakarta yang...

15 0

redaksi.co.id – Ini Saran Fatwa buat Ahok

Basuki Tjahaja Purnama disarankan mengikuti kunci sukses pendahulunya, Ali Sadikin, yang selalu menjaga hubungan baik dengan masyarakat Jakarta yang ia pimpin.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD-RI) dari Provinsi DKI Jakarta, Andi Mappetahang atau yang lebih dikenal AM Fatwa, memberikan sejumlah saran kepada Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.

Fatwa mengaku memberikan saran itu, berkaitan dengan keinginan dari Basuki Tjahaja Purnama, yang ingin mempimpin dan dikenang di Jakarta, seperti mantan Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin.

Ali Sadikin, lanjut Fatwa, pernah menerangkan kepadanya kalau ternyata membangun Jakarta sangatlah mudah, jika hubungan pemimpin dengan masyarakat terjalin dengan baik.

Menurut Fatwa, pesan itu disampaikan oleh Bang Ali, sapaan akrab Ali Sadikin, menjelang akhir jabatan pria kelahiran Sumedang itu sebagai Gubernur DKI Jakarta, pada tahun 1977.

Fatwa mengatakan kalau pesan tersebut, sangat cocok untuk diberikan kepada Basuki Tjahaja Purnama, terlebih pria yang akrab disapa Ahok itu memang pernah menyatakan ingin dikenang seperti Bang Ali.

Maka itu, Fatwa menyarankan agar dalam memimpin Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama bisa meniru apa yang telah Bang Ali lakukan, yaitu dengan menjaga hubungan baik dengan masyarakat.

“Jika ingin seperti Ali Sadikin, Ahok harus bisa menjaga hubungan baik dengan masyarakat,” kata Fatwa kepada Republika, Selasa (22/9) sore.

Mantan Wakil Ketua MPR RI itu juga mengimbau agar Gubernur Ahok tidak memaksakan sebuah kebijakan, jika memang kebijakan tersebut tidak memungkinkan untuk dilakukan.

”Jangan sampai, apa yang dilakukan justru menimbulkan sikap antipati kepada Gubernur itu sendiri, hanya karena memaksakan sesuatu yang sebenarnya belum memungkinkan untuk dilakukan,” kata Fatwa mengingatkan.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!