'Hacker' Muda Bisa Dimanfaatkan Bantu Keamanan Siber

186

redaksi.co.id – 'Hacker' Muda Bisa Dimanfaatkan Bantu Keamanan Siber

LEGIAN KUTA — Potensi sumber daya manusia (SDM) dari kalangan anak muda di bidang di bidang digital forensik, kriptografi dan kemanan website perlu diarahkan untuk membantu keamanan dunia siber nasional.

Ketua Indonesia Security Incident Response Team of Internet Infrastructure Indonesia (ID-SIRTII) Rudi Lumanto mengatakan potensi SMD anak muda yang luar biasa ini harus bisa dimanfaatkan negara untuk membantu menjaga keamana dunia cyber Indonesia yang mulai mendapatkan peringatan lampu merah dari sisi keamanan.

Rudi menambahkan pemerintah bisa memnafaatkan potensi mereka untuk menjadi ‘Hacker Putih’ yang memberitahu berbagai instansi pemerintah dan bisnis yang masih memiliki banyak lubang kelemahan di bidang keamanan sistem jaringan mereka.

Bisa saja pemerintah mengadakan lomba bagi mereka untuk memberi masukan kelemahan sistem jaringan pemerintah atau bisnis sehingga bisa segera diantisipasi celah-celah itu sebelum dimanfaatkan mereka yang berniat jahat, ujar Rudi, di acara CodeBali di Legian Pantai Kuta, Selasa (22/9).

Menurut dia, potensi anak muda yang terserak di berbagai penjuru daerah ini jika mampu diarahkan secara terpadu bisa membantu pemerintah mewujudkan keamanan siber.

Dia mengatakan memanfaatkan potensi para hacker adalah satu alternatif upaya yang efektif menjaga keamaan dan mewujudkan keuntungan bersama.

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

loading...

Comments

comments!