Cegah Pengangguran, Pemerintah Kurangi Anggaran Infrastruktur

redaksi.co.id - Cegah Pengangguran, Pemerintah Kurangi Anggaran Infrastruktur Kementerian PPN/Bappenas tengah menyusun rencana alokasi anggaran 2016 sesuai dengan RAPBN 2016 yang tengah di bahas di DPR...

24 0

redaksi.co.id – Cegah Pengangguran, Pemerintah Kurangi Anggaran Infrastruktur

Kementerian PPN/Bappenas tengah menyusun rencana alokasi anggaran 2016 sesuai dengan RAPBN 2016 yang tengah di bahas di DPR RI.Melihat pertumbuhan ekonomi yang melambat dan nilai tukar rupiah yang sudah undervalue, pemerintah berencana mengurangi alokasi anggaran untuk infrastrukturdi tahun depan.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Sofyan Djalil menjelaskan, pengurangan tersebut dikarenakan alokasi anggaran akan lebih di fokuskan untuk menciptakan lapangan kerja demi mengurangi pengangguran.

“Jadi anggaran akan lebih difokuskan pada sektor-sektor yang akan mendorong pencapaian target. Misal sekarang ini tingkat pengangguran terbuka targetnya tidak berubah. Padahal kondisinya ekon kan sulit, maka APBN ini harus digunakan untuk menyelamatkan atau menciptakan lapangan kerja,” kata Sofyan di kantornya, Rabu (23/9/2015).

Dicontohkan Sofyan, dana desa tahun depan lebih dialokasikan untuk membangun sebuah industri atau pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di wilayah pedesaan, bukan lagi fokus untuk membangun infrastruktur.

Tidak hanya itu, alokasi anggaran nantinya juga akan lebih difokuskan untuk mengurangi kemiskinan masyarakat Indonesia dengan cara mengalokasikan anggaran lebih direct, seperti jaminan-jaminan sosial.

“Kuncinya asumsi rendah tapi target tidak berubah, ini tantangan bagi Bappenas, tantangan bagi semua pihak bagaimana kita alokasikan pengeluaran secara lebih tepat,” tegas dia.

Di samping itu, untuk mempercepat alokasi anggaran pemerintah demi memicu pertumbuhan ekonomi 2016, dirinya juga memastikan nantinya proses tender yang diselenggarakan di masing-masing kementerian dan lembaga akan dilakukan di akhir tahun ini. Sehingga nantinya masuk 2016, sudah mulai pengerjaan proyeknya.

“Tahun kemarin kita panggil semua kementerian ada surat edaran dari Menteri Keuangan sudah, Bappenas juga sudah. Kita panggil semua untuk mereka mengalokasikan anggaran yang tidak terpakai ini untuk persiapan proyek 2016, kalau proyek disiapkan dengan baik bisa memperpepat pertumbuhan ekonomidan menciptakan lapangan kerja,” tutup dia. (Yas/Gdn)

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!