Obama-Putin akan Bicarakan Suriah dan Ukraina

redaksi.co.id - Obama-Putin akan Bicarakan Suriah dan Ukraina WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Presiden Rusia Vladimir Putin akan bertemu di New York, Senin...

15 0

redaksi.co.id – Obama-Putin akan Bicarakan Suriah dan Ukraina

WASHINGTON — Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Presiden Rusia Vladimir Putin akan bertemu di New York, Senin (28/9) mendatang. Namun kedua negara belum menyetujui topik utama yang akan menjadi pembahasan.

Gedung Putih menegaskan, pertemuan itu akan fokus pada Ukraina timur di mana pasukan Rusia memerangi pemerintah Kiev. Konflik tersebut mendorong sanksi keras yang telah mengoyak perekonomian Rusia.

Sementara Rusia mengatakan, fokus utama akan berada di Suriah. Seperti diketahui Rusia telah membangun pasukan mliternya untuk mendukung Presiden Bashar al-Assad.

“Tentu saja, topik utama akan Suriah,” kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov dilansir dari NBC News, Jumat (25/9).

Ketika ditanya apakah Ukraina juga akan dibahas dalam pertemuan itu, Peskov menjawab “Nah, jika waktu memungkinan,” ujarnya.

Namun juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest membalas pernyataan Peskov saat rapat di Washington. “Akan ada waktu,” tegasnya.

Para pejabat Gedung Putih mengatakan, Obama akan mendorong Putin untuk menjelaskan bagaimana kehadiran militer negaranya di Suriah akan mengalahkan ISIS.

Obama dan Putin akan mengadakan pertemuan bilateral pada Senin sore di sela-sela Majelis Umum PBB di New York.

(red/ngga/eksa/AR)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!