Idul Adha, LP Gunung Sindur Tak Izinkan Keluarga Berkunjung

redaksi.co.id - Idul Adha, LP Gunung Sindur Tak Izinkan Keluarga Berkunjung TEMPO.CO , Bogor - Keluarga terpidana narkoba tidak dapat menemui anggota keluarga mereka di Lembaga...

32 0

redaksi.co.id – Idul Adha, LP Gunung Sindur Tak Izinkan Keluarga Berkunjung

TEMPO.CO , Bogor – Keluarga terpidana narkoba tidak dapat menemui anggota keluarga mereka di Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, saat perayaan Idul Adha tahun ini. Seperti dialami Siti Aisyah dan Rhomah yang berkunjung ke LP.

Keduanya tidak mendapatkan izin masuk dari petugas, saat ditemui pada Kamis pagi, 24 September 2015. Siti Aisyah, 55 tahun, warga Bogor, baru pulih dari sakitnya. Ia bermaksud mengunjungi anaknya yang terkena kasus narkoba dan divonis 5 tahun.

“Saya sudah dua tahun enggak ketemu anak saya,” kata dia. Sebelumnya ia belum pernah berkunjung ke LP. Hal ini disebabkan oleh sakit dan baru saat ini bisa mengunjungi anaknya.

Akan tetapi, ketiadaan izin saat Idul Adha memupuskan harapannya. “Akhirnya menitipkan barang ke petugas saja,” katanya seusai menitipkan barang untuk anaknya kepada petugas. Serupa dengan Siti Aisyah, Rhoimah, warga Ciampea, mau bertemu suaminya di hari Idul Adha.

Ia mengatakan bahwa suaminya tersangkut kasus narkoba dan mendapat vonis lima tahun. “Terakhir bertemu saat Idul Fitri lalu, sudah jalan 1,5 tahun,” katanya. Saat berkunjung ke LP, ia ditemani tetangganya.

Rhoimah mengatakan bahwa tidak memiliki waktu selain hari libur untuk berkunjung. “Saya kan kerja setiap hari, suami saya di sini,” katanya. Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur menjadi sorotan setelah Gayus Halomoan Tambunan dipindahkan ke LP tersebut dari LP Sukamiskin.

LP Gunung Sindur dikenal sebagai LP untuk penjahat narkoba kelas berat. “Kalau hari libur memang tidak boleh ada kunjungan,” kata Ario Rinaldi, staf penjaga LP.

ARKHELAUS WISNU

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!