7 Gadget Canggih di Film yang Kini Jadi Kenyataan

redaksi.co.id - 7 Gadget Canggih di Film yang Kini Jadi Kenyataan Ketika menonton film science fiction atau yang biasa dikenal dengan superhero, kita sering berdecak kagum...

14 0

redaksi.co.id – 7 Gadget Canggih di Film yang Kini Jadi Kenyataan

Ketika menonton film science fiction atau yang biasa dikenal dengan superhero, kita sering berdecak kagum saat melihat dan menyaksikan berbagai gadget berteknologi canggih.

Gadget tersebut umumnya berguna dalam membantu aktivitas sehari-hari hingga untuk melumpuhkan musuh. Mungkin dalam benak Anda pernah berpikir, apakah gadget tersebut ada di kehidupan nyata?

Contoh sederhananya adalah Doraemon, serial anime Jepang yang selalu tayang tiap Minggu pagi. Sejak kecil dan mungkin hingga sekarang pasti kita bertanya, kapan baling-baling bambu itu ada dalam kehidupan kita? Atau kapan teknologi pintu ke mana saja itu bisa kita pakai?

Bukan tidak mungkin, entah kapan, teknologi itu benar-benar nyata dan bisa kita pakai. Nyatanya, hingga saat ini tercatat ada beberapa teknologi gadget dalam film yang sekarang menjadi kenyataan. Berikut ini 7 gadget canggih di film yang kini jadi kenyataan:

1. Mobil Terbang – Blade Runner

Gadget dengan teknologi canggih dalam film yang sudah ada saat ini. 7 Gadget Canggih di Film, Kini Jadi Kenyataan (IKLAN)

Film Blade Runner dirilis tahun 1982 silam. Film ini memang sudah lama, tapi bagi Anda yang sudah pernah menyaksikan film tersebut tentu ingat dengan sebuah mobil yang memiliki kemampuan untuk terbang. Sebuah perusahaan yang bermarkas di Slovakia telah mengembangkan teknologi ini sejak tahun 1989. Perusahaan ini mewujudkan mobil yang bisa terbang seperti dalam film Blade Runner ini.

Uniknya, mobil yang diberi nama Aeromobil ini selain bisa berkendara di jalan seperti mobil normal, mobil ini juga dilengkapi dengan sayap dan bisa lepas landas pada kecepatan 90 mph.

2. Sepatu Power LacesBack to the Future II

Film Back to Future rilis pada tahun 1989. Saat itu, film tersebut sudah memperlihatkan berbagai gadget dengan teknologi yang canggih. Salah satunya adalah teknologi Power Laces yang bisa membuat tali sepatu terikat sendiri. Nah, sekarang teknologi seperti itu kini tengah dikembangkan oleh Nike.

Sepatu ciptaan Nike ini akan dilengkapi sensor pada bagian tumit yang memicu mekanisme sehingga bisa menarik tali dan mengikatnya sendiri. Jadi, sebentar lagi sepatu tersebut bisa kita pakai deh!

Selanjutnya…

3. Sarung Tangan Menempel – MIBGhost Protocol

Film Mission Impossible: Ghost Protocol rilis beberapa tahun silam. Mungkin masih segar dalam ingatan Anda adegan Tom Cruise alias Ethan Hunt memanjat Burj Khalifa di Dubai. Saat memanjat gedung tertinggi di dunia, Ethan memakai sarung tangan unik yang membuatnya bisa memanjat.

Peneliti dari Stanford University, dengan dana dari militer AS, saat ini mengembangkan teknologi sarung tangan dengan bahan yang terinspirasi dari tekstur kaki cicak. Sarung tangan ini bekerja dengan cara yang sama dengan kaki cicak sehingga memungkinkan untuk memanjat gedung layaknya Spiderman.

4. Medical Tricorder – Star Trek

Pada film ini ada sebuah alat yang bernama Medical Tricorder. Alat ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi berbagai penyakit. Scanadu, sebuah perusahaan ternama di Amerika saat ini mengembangkan teknologi yang mirip denganMedical Tricorder dalam bentuk sebuah pil atau kapsul. Pil ini memiliki kemampuan untuk mendiagnosa denyut jantung, suhu badan, tekanan darah dan kadar oksigen.

5. Ponsel Tubuh – Total Recall

Film Total Recall dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger tahun 1990 dan diremake kembali 12 tahun dengan Colin Farrell sebagai bintang utama. Pada film ini terdapat teknologi ponsel yang tertanam dalam kulit tangan. Ponsel ini bisa membuat mereka bisa melihat siapa saja yang menelepon dengan menyentuh permukaan kaca.

Sebuah perusahaan bernama Sutodesk saat ini mengembangkanprototype ponsel dengan speaker dan sensor tekan sama seperti pada film tersebut. Ponsel ini juga nantinya akan dikenakan di bawah kulit. Teknologi ini sudah diuji coba dan diklaim memungkinkan dipakai oleh seorang pria dengan berat 70 kg untuk memanjat dinding kaca vertikal dengan ketebalan 7,5 meter.

Selanjutnya…

6. Baju Canggih – Iron Man

Pada sosok superhero Iron Man di film Avengers Age of Ultron, bisa kita lihat berbagai alat canggih, seperti baju armor hingga 3D Interface Command.Saat ini, ada banyak perusahaan yang mengembangkan baju Iron Man.

Salah satunya adalah XOS2 (Exos), baju ini sedang dalam tahap pengembangan oleh departemen teknologi pertahanan Amerika bersama Raytheon Sarcos. Tentu baju yang tengah dikembangkan ini bisa terpasang dan memiliki kemampuan seperti kostum Iron Man, canggih bukan?

7. Komputer Transparan – Minority Report

Komputer ini didesain dengan layar transparan dan dioperasikan dengan menggunakan gesture atau gerakan tangan. Rupanya teknologi seperti ini sudah ada pada saat ini, bahkan sudah dijual di pasaran. Contohnya adalah Samsung Smart TV, Kinnect pada Xbox 360 milik Microsoft.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!