Cara Ampuh Organisir Pekerjaan Anda

redaksi.co.id - Cara Ampuh Organisir Pekerjaan Anda Pernahkah Anda pulang terlambat ke rumah dan kelelahan akibat terlalu sibuk bekerja? Namun ketika Anda ditanya mengenai apa yang...

49 0

redaksi.co.id – Cara Ampuh Organisir Pekerjaan Anda

Pernahkah Anda pulang terlambat ke rumah dan kelelahan akibat terlalu sibuk bekerja? Namun ketika Anda ditanya mengenai apa yang sudah Anda capai dalam pekerjaan, Anda tidak tahu harus menjawab apa?

Jika hal ini terjadi pada diri Anda, satu hal yang harus diketahui adalah, Anda tidak memanfaatkan produktivitas yang Anda miliki dengan benar. Seringkali orang terlalu sibuk mengerjakan semuanya, namun pada akhirnya mereka tidak mendapat hasil yang maksimal akibat lalai dalam mengorganisir pekerjaan yang ada.

Bekerja secara produktif bukan berarti Anda harus bekerja dengan lebih lama. Justru, cara ampuh yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas adalah dengan bekerja lebih ringan, di waktu yang lebih sedikit namun dengan hasil yang lebih signifikan.

Lalu apa yang harus Anda lakukan agar mampu bekerja dengan lebih produktif? Seperti yang dilansir dari laman lifehacks.org, Sabtu, (26/9/2015) berikut adalah beberapa tips dalam mengorganisir pekerjaan Anda:

1. Kerjakan hal penting terlebih dahulu

Mengerjakan hal penting terlebih dahulu akan sangat membantu Anda untuk mengorganisir pekerjaan dengan lebih baik. Banyak orang yang tidak memperhatikan hal ini dan hanya mengerjakan semua pekerjaan yang ada. Akibatnya, banyak pekerjaan yang tertinggal dan produktivitas mereka pun semakin menurun.

Mengerjakan pekerjaan yang lebih penting juga dapat menghindari Anda menunda-nunda pekerjaan.

2. Mengatur batasan waktu dalam bekerja

Cobalah untuk mengatur batas waktu tertentu dalam mengerjakan sebuah pekerjaan. Contohnya, apabila Anda harus menulis laporan untuk diserahkan pada klien, coba atur berapa lama Anda harus menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Selain dapat mendorong Anda untuk dapat bekerja dengan lebih efektif, cara ini juga sangat ampuh dalam meningkatkan produktivitas kerja.

3. Membagi pekerjaan dalam beberapa sesi

Tubuh Anda memiliki mekanisme unik, akan tetapi Anda tidak boleh memforsirnya dengan waktu kerja yang terlalu lama. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa otak manusia hanya mampu bertahan efektif selama 45 menit. Oleh karena itu, akan sangat baik bagi Anda untuk melakukan istirahat teratur selama 10-15 menit setiap 45 menit sekali agar pekerjaan Anda dapat diselesaikan dengan efektif.

4. Menjauhkan diri dari e-mail Disediakan oleh Liputan 6 7 Hal Ini Sering Kamu Lupakan Ketika Menggunakan ‘Email’ | via: qualigence.com

Terlalu sering mengecek e-mail masuk ternyata berdampak negatif pada produktivitas kerja Anda. Cobalah untuk mengatur waktu tertentu untuk melihat kotak masuk e-mail Anda, atapun Anda juga dapat menggunakan aplikasi otomatis pengecekan e-mail.

5. Membuat catatan sederhana

Anda dapat menulis seluruh ide yang ada di kepala Anda dalam sebuah buku catatan sederhana. ide-ide ini akan membuat pengaruh besar dalam pekerjaan.

(Vina/Zul)

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!