Penampakan 'Kulit Ular' di Planet Pluto

redaksi.co.id - Penampakan 'Kulit Ular' di Planet Pluto Pesawat tanpa awak New Horizons kembali mengirimkan gambar-gambar terbaru Pluto ke Bumi. Gambar ini membuat para ilmuwan tercengang.Setelah...

13 0

redaksi.co.id – Penampakan 'Kulit Ular' di Planet Pluto

Pesawat tanpa awak New Horizons kembali mengirimkan gambar-gambar terbaru Pluto ke Bumi. Gambar ini membuat para ilmuwan tercengang.

Setelah beberapa waktu lalu New Horizons membuat para ahli terpukau bahwa Pluto memiliki gunung es dan lapisan atmosfer tipis, kali ini foto terbaru yang diterima NASA membuat peneliti terperangah.

Citra terbaru menggambarkan permukaan menyerupai kulit ular, membuat para ahli bertanya-tanya apa yang membuat planet terkecil ini mempunya pola seperti itu.

Foto kulit ular diambil saat hari di Plutomenjelang malam, menggambarkan sebuah level yang lebih detail mengenai topografi dan komposisi planet itu.

“Ini unik sekaligus begitu membingungkan,” kata William McKinnon, ahli Geologi, Geofisik dan Imaji dari Tim New Horizons seperti dikutip dari Time, Kamis 24 September.

“Ini mirip dengan kulit kayu atau kulit naga dibanding geologi. Benar-benar butuh waktu bagi kami untuk mencari tahu,” tambahnya.

Para ilmuan tidak begitu yakin apa penyebab pola itu terjadi. Mereka berspekulasi bahwa ada kemungkinan gempa tektonik pernah melanda permukaan itu.

Teori lainnya adalah gas yang membeku yang ketika sinar matahari menjauh dari planet itu. Gas kemudian menyebar ke atmosfer yang terhubung dengan ke dalaman atmosfer yang tipis, lalu membeku kembali ketika planet kerdil itu bergerak menjauhi matahari dalam orbitnya.

(Rie/Mut)

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!