Turunkan Harga Beras, Jokowi Instruksikan Operasi Pasar

redaksi.co.id - Turunkan Harga Beras, Jokowi Instruksikan Operasi Pasar Presiden Joko Widodo mengatakan pekan ini pemerintah akan melakukan operasi pasar. Langkah ini dilakukan untuk menurunkan harga...

7 0

redaksi.co.id – Turunkan Harga Beras, Jokowi Instruksikan Operasi Pasar

Presiden Joko Widodo mengatakan pekan ini pemerintah akan melakukan operasi pasar. Langkah ini dilakukan untuk menurunkan harga beras. “Prioritas kita adalah pasokan cukup, distribusi lancar, harga terjangkau.

Ini akan ada operasi pasar besar-besaran, minggu ini. Biar harga bisa turun,” kata Jokowi saat melakukan panen padi di Karawang, Ahad, 27 September 2015. Menurut Jokowi, pemerintah juga perlu memastikan keamanan pasokan beras karena adanya El Nino. Pemerintah masih melakukan kalkulasi mengenai dampak El Nino.

“Tapi, perlu cadangan beras yang betul-betul cukup untuk antisipasi kalau El Nino masuk pada Desember dan Januari.” Selain itu, Presiden menegaskan yang harus dilakukan saat ini untuk menjamin cadangan beras adalah membuat petani bergairah untuk terus berproduksi. “Kalau semuanya berfikiran untuk produksi seperti yang dilakukan IPB, kan lonjakannya langsung besar,” katanya.

Intensifikasi, kata Jokowi, diperlukan misalnya membuka lahan sawah baru dan terus meningkatkan produksi dari sawah yang sudah ada. “Ada buat sawah baru, tetapi juga sawah yang sudah ada terus dilakukan intensifikasi sehingga hasil produksi per hektare meningkat total,” katanya.

Jokowi melakukan panen padi jenis baru yaitu varietas IPB 3S dan 4S. Padi ini merupakan jenis padi baru yang dikembangkan oleh Institut Pertanian Bogor. Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Widodo, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar.

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!