Turki bela Saudi soal Tragedi Mina

redaksi.co.id - Turki bela Saudi soal Tragedi Mina Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membela penyelanggaraan haji oleh Arab Saudi meski telah terjadi insiden 717 korban tewas...

59 0

redaksi.co.id – Turki bela Saudi soal Tragedi Mina

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membela penyelanggaraan haji oleh Arab Saudi meski telah terjadi insiden 717 korban tewas dalam Tragedi Mina dua hari lalu.”Saya tidak bersimpati atas kecaman terhadap Arab Saudi,” ujar Erdogan kepada wartawan, seperti dilansir Arab News, Sabtu (26/9). Menurut dia Saudi sudah melakukan yang terbaik selama pelaksanaan haji saban tahun.

Presiden Turki itu mengatakan menyalahkan Saudi atas kejadian mengenaskan di Mina adalah keliru.”Anda harus melihatnya juga dari sisi gelas itu separuhnya penuh,” kata dia.Pelaksanaan ibadah haji tahun ini banyak memakan korban. Pada 11 September lalu alat berat crane jatuh menimpa jemaah haji hingga menewaskan 109 orang, sepuluh di antaranya jemaah asal Indonesia.Sebelumnya Iran mengecam Arab Saudi atas Tragedi Mina yang menewaskan 43 warga Negeri Mullah itu.’Pemerintah Arab Saudi harus menerima tanggung jawab yang besar atas insiden ini,” seperti dilaporkan media lokal, IRNA, yang dikutip France24, Jumat (25/9).Dari media tersebut, diketahui pernyataan itu dikutip dari pemimpin Iran Ayatollah Ali Khamenei. Khamenei mengatakan kasus ini terjadi lantaran salah urus yang dilakukan Arab Saudi.Akibat insiden ini, Khamenei mengumumkan tiga hari berkabung.

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!