Putin Tolak Rencana Penggulingan Assad

redaksi.co.id - Putin Tolak Rencana Penggulingan Assad PARIS -- Rusia mengingatkan seluruh pihak agar berhati-hati mengambil keputusan atas Suriah. Rencana menggulingkan Presiden Bashar al-Assad dinilai bukan...

29 0

redaksi.co.id – Putin Tolak Rencana Penggulingan Assad

PARIS — Rusia mengingatkan seluruh pihak agar berhati-hati mengambil keputusan atas Suriah. Rencana menggulingkan Presiden Bashar al-Assad dinilai bukan solusi untuk mengembalikan Negeri Syam itu ke kondisi normal.

Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan setiap upaya penggulingan Assad justru akan membawa Suriah ke status negara gagal. Kondisi ini, kata dia, tak akan berbeda dengan yang terjadi di Irak dan Libya.

“Tidak ada solusi lain bagi Suriah selain memperkuat struktur pemerintahan yang ada saat ini,” kata Putin dalam wawancara dengan Stasiun CBS News, Ahad (29/9). “Suriah akan tetap menjadi Suriah,”

Menurut Putin, Assad tak mungkin digulingkan. Apalagi dengan situasi keamanan yang terjadi di antara Suriah dan Irak. Kondisi makin bertambah parah dengan kehadiran kelompok radikal ISIS di perbatasan kedua negara itu.

Dikatakan Putin, kehadiran ISIS lantaran lemahnya pemerintahan Assad di Aleppo saat ini. Itu artinya, penggulingan Assad akan memperkuat posisi ISIS di Timur Tengah.

Karena itu, menurut Putin, internasional justru harus memperkuat pemerintahan Assad untuk membasmi ISIS. Bagi Putin, internasional sudah setuju menjadikan ISIS sebagai persoalan terorisme utama saat ini.

Putin pun sependapat pentingnya perdamaian di Suriah. Hanya, tanpa melibatkan Assad terkait ISIS, menurut dia langkah tersebut akan sia-sia.

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!