PLTN, Energi Alternatif yang Lebih Bersahabat

redaksi.co.id - PLTN, Energi Alternatif yang Lebih Bersahabat Selama ini sumber energi pembangkit tenaga listrik di Indonesia berasal dari bahan bakar fosil yakni minyak bumi, gas,...

10 0

redaksi.co.id – PLTN, Energi Alternatif yang Lebih Bersahabat

Selama ini sumber energi pembangkit tenaga listrik di Indonesia berasal dari bahan bakar fosil yakni minyak bumi, gas, dan batubara. Proses pembangkit listrik konvensional tersebut memiliki efek samping yang kurang bersahabat dengan lingkungan karena menghasilkan gas karbondioksida dan dapat menyebabkan pemanasan global.

Kepala Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir (PTBGN) BATAN Agus Sumaryanto mengatakan, energi nuklir dapat menjadi bahan pembangkit listrik dan merupakan alternatif bahan bakar yang dapat memperbaiki lingkungan.

Untuk memperkenalkan reaktor nuklir yang dapat menghasilkan listrik kepada masyarakat, BATAN rencananya akan membangun Reaktor Daya Eksperimental (RDE).

RDE ini pun digadang-gadang akan menjadi pilot plant untuk pembangunan PLTN berskala kecil atau sedang di berbagai daerah di Indonesia, terutama di bagian timur Indonesia.

RDE yang akan dibangun oleh BATAN merupakan generasi keempat sehingga memiliki tingkat keselamatan yang jauh lebih tinggi daripada generasi sebelumnya, jelas Agus, ditemui, Jumat (25/9).

Agus menjelaskan bahwa uranium yang akan digunakan sebagai bahan utama bukan berupa plat sehingga tidak akan meleleh seperti yang terjadi di Fukushima Jepang. Negara seperti Jerman, Rusia, Cina, Amerika Serikat, dan Afrika Selatan sudah melakukan uji coba HTGR ini.

“RDE yang dibangun BATAN adalah tipe High Temperature Gas Cooled Reactor (HTGR) sehingga apa yang terjadi pada Jepang tersebut tidak akan terjadi di Indonesia,” jelas Agus.

“Nuklir itu lebih selamat, karena selalu dikontrol oleh semua orang. Sehingga jalannya PLTN ini akan benar-benar terus diawasi, baik secara nasional maupun international,” tambah Agus.

RDE ini akan dibangun pada mulai tahun 2015 hingga 2019, akan tetapi pembangunan tersebut masih harus menunggu keputusan dari Presiden RI Joko Widodo.

Energi nuklir dapat menjadi bahan pembangkit listrik dan merupakan alternatif bahan bakar yang dapat… PLTN, Energi Alternatif yang Lebih Bersahabat

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!