Ketua MPR Minta Arab Saudi Segera Lakukan PenyelidikanTragedi Mina

redaksi.co.id - Ketua MPR Minta Arab Saudi Segera Lakukan PenyelidikanTragedi Mina Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand WaskitaJAKARTA -Ketua MPR Zulkifli Hasan angkat bicara mengenai insiden Mina yang...

40 0

redaksi.co.id – Ketua MPR Minta Arab Saudi Segera Lakukan PenyelidikanTragedi Mina

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

JAKARTA –Ketua MPR Zulkifli Hasan angkat bicara mengenai insiden Mina yang menewaskan puluhan jemaah Indonesia.

Ia meminta pemerintah Arab Saudi untuk bertanggung jawab atas insiden tersebut.

“Kita minta agar ini dilakukan proses penyelidikan segera oleh pemerintah Arab Saudi, kan tidak cukup diganti uang. Nanti kejadian begitu lagi-begitu lagi, masalahnya apa, dan siapa yang harus bertanggung jawab,” kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (28/9/2015).

Ketua Umum PAN itu mengusulkan Pemerintah Arab Saudi bekerjasama dengan Panitia Pelaksana Haji Indonesia (PPIH). Hal itu dilakukan agar pendataan korban asal Indonesia dapat lebih cepat.

“Nah, ini juga kita harapkan agar petugas kita kan langsung dipimpin oleh Menteri Agama, agar segera untuk mendapatkan informasi yang jelas berapa banyak sih jemaah Indonesia yang terkena musibah Mina itu,” katanya.

Menurutnya, insiden tersebut dapat menjadi pembelajaran serta evaluasi penyelenggaran ibadah haji oleh Pemerintah Arab Saudi. “Bila perlu (panitia pelaksananya) menyertakan negara-negara Islam lainnya,” tandasnya.

(red/udianto/R)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!