Ahok Geram Izin Bus Tingkat Dipersulit Menteri Perhubungan

redaksi.co.id - Ahok Geram Izin Bus Tingkat Dipersulit Menteri Perhubungan , Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menargetkan ada 100 bus tingkat gratis yang...

32 0

redaksi.co.id – Ahok Geram Izin Bus Tingkat Dipersulit Menteri Perhubungan

, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menargetkan ada 100 bus tingkat gratis yang berkeliling di jalanan Ibu Kota.

Bus itu dioperasikan sebagai moda transportasi wisata. Jika armada bus tingkat melimpah, wisatawan tak perlu menunggu lama untuk menunggu kedatangan bus.

Namun, kata Ahok, sapaan Basuki, ia tak bisa memenuhi jumlah bus tersebut dalam waktu dekat. Sebab, banyak aturan yang harus dipenuhi agar bus bisa beroperasi di jalanan Ibu Kota.

“Harus ikuti aturan Kementerian Perhubungan soal ukuran chasis dan macam-macamnya,” kata Ahok di Lapangan Monas, Minggu, 27 September 2015.

Ahok menjelaskan, sebenarnya jumlah bus tingkat juga bisa dipenuhi dari hibah perusahaan sehingga tak melulu dibeli oleh Pemerintah DKI. Sayangnya, bus hibah tak lolos spesifikasi yang diterapkan Kementerian Perhubungan.

Ia mencontohkan, lima bus tingkat dari Tahir Foundation merk Mercedes Benz yang hingga kini belum bisa beroperasi karena terganjal izin dari Kementerian Perhubungan.

Kementerian belum memberikan izin karena bobot kendaraan tak sesuai peraturan yang berlaku. “Bus Mercedes Benz enggak boleh jalan, tapi bus merek Weichai atau Ahok bisa masuk,” ujarnya geram.

Tapi, ada juga bus tingkat dari hibah perusahaan yang kini sudah beroperasi. Salah satunya merupakan sumbangan Coca Cola. Perusahaan minuman ringan itu menghibahkan satu unit bus tingkat merk MAN buatan Jerman.

Bus berkelir merah itu kini bisa dijumpai di sepanjang Jalan M.H. Thamrin dan Jalan Medan Merdeka. RAYMUNDUS RIKANG

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!