PM Turki Sebut Krisis Pengungsi Sudah Jadi Masalah Global

redaksi.co.id - PM Turki Sebut Krisis Pengungsi Sudah Jadi Masalah Global Laporan wartawan Tribunnews.com, Ruth Vania ChristineNEW YORK - Perdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu mengingatkan bahwa...

13 0

redaksi.co.id – PM Turki Sebut Krisis Pengungsi Sudah Jadi Masalah Global

Laporan wartawan Tribunnews.com, Ruth Vania Christine

NEW YORK – Perdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu mengingatkan bahwa krisis ledakan pengungsi bukan lagi menjadi masalah lokal atau daerah sekitarnya saja, tetapi sudah menjadi masalah global.

Karena itu, berbicara di hadapan wartawan di Markas PBB, New York, AS, Senin (28/9/2015), Ahmet mendesak dunia untuk berupaya lebih mencari solusi atas krisis pengungsi.

“Bagi komunitas internasional, masalah pengungsi memang awalnya dipandang layaknya masalah yang ditanggung Suriah saja, sebelum kemudian dilihat sebagai krisis yang melibatkan Turki atau negara di sekitarnya,” ucap Ahmet, dikutip The Washington Post.

“Namun, sekarang jelas bahwa isu pengungsi sudah menjadi krisis global, yaitu krisis yang tak bisa kita hiraukan dan lupakan begitu saja,” tambah dia lagi.

Menurutnya, masalah ini sebenarnya bisa dihindari jika petinggi negara lain sudah memperhatikan krisis ini sejak bermula pada 2011 lalu, tepatnya saat Suriah mulai diambil alih oleh ISIS.

“Kami sudah mengatakan hal ini sejak tiga tahun terakhir, namun sayangnya suara Turki tak cukup didengar oleh komunitas internasional,” tutur Ahmet.

Sejauh ini, yang berinisiatif mengatur pengungsi masih sebatas negara-negara yang berada di sekitar Suriah. Untuk itu, ia meminta seluruh negara memegang tanggungjawabnya masing-masing, terlebih Uni Eropa.

Ia juga berpendapat bahwa satu-satunya cara untuk menghentikan arus masuk pengungsi adalah menghentikan kekejaman ISIS di Suriah, agar warga Suriah bisa hidup aman dan tak perlu meninggalkan negaranya. (The Washington Post/Foreign Policy)

(red/ramanta/utra/amungkas/BPP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!