Raja Salman Sedang Digoyang?

redaksi.co.id - Raja Salman Sedang Digoyang? Kursi Raja Saudi Salman dikabarkan sedang digoyang. Adalah media Inggris the Guardian yang melaporkan tentang keraguan sejumlah anggota keluarga kerajaan...

32 0

redaksi.co.id – Raja Salman Sedang Digoyang?

Kursi Raja Saudi Salman dikabarkan sedang digoyang. Adalah media Inggris the Guardian yang melaporkan tentang keraguan sejumlah anggota keluarga kerajaan terhadap sang Raja.

The Guardian membuat laporan dengan mengutip informasi dari seorang pangeran yang tak lain merupakan salah satu cucu pendiri kerajaan Saud, Abdulaziz Ibn Saud.

Menurut pangeran itu, ada keresahaan di antara keluarga kerajaan tentang kepemimpinan Salman. Pangeran yang tak ingin disebutkan namanya dengan alasan keamanan itu mengaku telah menuliskan dua surat awal bulan ini meminta sang raja dimundurkan.

“Raja tidak dalam kondisi stabil, dan pada realitasnnya putra sang raja (Mohammed bin Salman) merupakan raja sebenarnya,” klaim pengeran itu. “Jadi empat atau mungkin lima paman saya akan bertemu mendiskusikan surat itu. Mereka membuat rencana bersama para keponakan. Banyak generasi kedua sangat cemas.”

Pangeran itu juga mengklaim bahwa rencana mereka mendapat dukungan publik, dan pemimpin suku.

Raja Salman dilantik pada awal Januari lalu. Ia menggantikan mendiang Raja Abdullah yang wafat. Di awal masa kepemimpinannya, ia mencoba menyatukan negara-negara Suni, dan menjadikan Iran sebagai musuh utama.

Pada musim haji ini, pemerintahan Raja Salman mendapatkan tekanan setelah terjadinya dua insiden mematikan yakni jatuhnya Crane, dan tragedi Mina.

Sebelumnya Saudi mengkritik Iran yang dianggap telah menjadikan insiden Mina sebagai komoditas politik. Saudi juga menyayangkan rumor-rumor tak sedap yang berhembus pascainsiden Mina. Riyadh mengaku sedang menyelidiki kasus Mina yang menewaskan lebih dari 700 orang.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!