Miliarder Ini 3 Kali Lebih Kaya Dibanding Bill Gates

redaksi.co.id - Miliarder Ini 3 Kali Lebih Kaya Dibanding Bill Gates Bill Gates merupakan orang terkaya di dunia saat ini. Namun ia bukanlah orang terkaya dalam...

36 0

redaksi.co.id – Miliarder Ini 3 Kali Lebih Kaya Dibanding Bill Gates

Bill Gates merupakan orang terkaya di dunia saat ini. Namun ia bukanlah orang terkaya dalam sejarah. Titel bergengsi tersebut masih dipegang miliarder asal Amerika Serikat, John D. Rockefeller yang merupakan founder sekaligus pemegang saham terbesar dari Standard Oil.

Miliarder yang meninggal pada tahun 1937 tersebut meninggalkan kekayaan total US$ 253 juta, hampir tiga kali total kekayaan Bill Gates sekarang yang hanya mencapai US$ 79,5 juta.

Butuh waktu 59 tahun bagi Bill Gates untuk mencapai kekayaannya saat ini. Namun dengan sisa umur yang ia miliki, mampukah ia menyaingi kekayaan dari Rockefeller dan menjadi orang terkaya sepanjang sejarah?

Seperti yang dilansir dari laman fool.com, Selasa (29/9/2015), ternyata bukan tidak mungkin Bill Gates dapat menyaingi kekayaan dari Rockefeller.

Coba kita asumsikan Bill Gates mampu hidup hingga usia 90 tahun. Hal itu berarti bahwa Bill Gates memiliki waktu 31 tahun untuk dapat meningkatkan kekayaannya hingga US$ 253 juta. Apabila dikalkulasikan, kekayaan yang ia miliki harus bertambah sekurang-kurangnya 3,8 persen dalam satu tahun.

Namun dengan tingkat inflasi yang terus meningkat, data dari S&P 500 mengungkap bahwa dalam kurun waktu 31 tahun mendatang, besaran inflasi akan mencapai 8,3 persen. Apabila Bill Gates mampu mengumpulkan kekayaan sesuai pertumbuhan di atas, ternyata kekayaan yang mampu dia kumpulkan akan mencapai angka fantastis, sebesar US$ 936 juta.

Angka fantastis tersebut ternyata berasal dari kepemilikan saham yang Bill Gates miliki dari Microsoft.

John D. Rockefeller mendapat kekayaannya dari bisnis energy yang ia jalankan. Perusahaan miliknya, Standard Oil, ternyata pernah mengontrol 90 persen penyulingan minyak di Amerika Serikat.

Namun, setelah dinyatakan illegal oleh Pengadilan Tinggi Amerika Serikat akibat praktik monopoli. Ia akhirnya memecah perusahaan tersebut ke beberapa perusahaan. Tiga perusahaannya yang terkenal adalah ExxonMobil, Chevron, and Amoco.

Akan tetapi, walaupun Rockefeller merupakan pemegang saham terbesar di Standard Oil, ia ternyata hanya berhak 27 persen dari total kekayaan perusahaan. Sementara itu, Bill Gates memegang 45 persen saham di Microsoft, bahkan setelah perusahaan tersebut go public pada tahun 1968.

Dengan melihat fakta ini, bukan tidak mungkin Bill Gates memiliki kesempatan untuk menggantikan Rockefeller menjadi orang terkaya sepanjang sejarah.

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!