Ilmuwan Temukan Lensa 300 Kali Lebih Tipis dari Kertas

redaksi.co.id - Ilmuwan Temukan Lensa 300 Kali Lebih Tipis dari Kertas CANBERRA -- Peneliti dari Asutralia mengembangkan lensa datar yang 300 kali lebih tupis dibandingkan selembar...

21 0

redaksi.co.id – Ilmuwan Temukan Lensa 300 Kali Lebih Tipis dari Kertas

CANBERRA — Peneliti dari Asutralia mengembangkan lensa datar yang 300 kali lebih tupis dibandingkan selembar kertas. Lensa ini memiliki kemampuan untuk melihat Benda-benda kecil secara tiga dimensi. Akhirnya, setelah bertahun-tahun tim dari Swinburne University of Technology telah mengembangkan lensa setebal 200 nanometer dengan bahan grafin oksida.

Indeks bias bahan ini memungkinkan bagi penggunanya melihat benda-benda kecil. Lensa ini mampu memanipulasi partikel secara real time. Lensa ini memiliki potensi untuk diagnosa medis, komputasi, pengindraan bahkan pencitraan. “Lensa ini memiliki kemampuan melihat gambar tiga dimensi 30 kali lebih efisien dan dapaf fokus pada cahaya terlihat (visible) hingga inframerah dekat. Lensa ini menawarkan kemampuan manufaktur yang sangat murah,” ujar pemimpin riset Baohua Jia, seperti diberitakan ScienceAlert.

Para peneliti mampu menghasilkan lensa yang sangat tipis melalui proses fotoreduksi. Mereka yakin perangkat ini bisa digunakan dalam dunia nyata secara praktis. Penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Nature Communication ini diharapkan membawa perubahan besar dalam dunia kedokteran.

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!