Tak Pernah Kuliah, 4 Orang Ini Jadi Miliarder Terkaya Dunia

181

redaksi.co.id – Tak Pernah Kuliah, 4 Orang Ini Jadi Miliarder Terkaya Dunia

Bagi orang-orang ini, mungkin kuliah bukanlah hal yang penting. Buktinya, mereka bisa menjadi miliuner meski tidak pernah duduk di bangku kuliah. Bukan satu atau dua orang, melainkan banyak orang yang masuk jajaran orang terkaya di Eropa tak pernah kuliah.

Dikutip dari business insider, Rabu (30/9/2015), ada sejumlah nama-nama beken yang sering masuk jajaran orang terkaya di Eropa, bahkan dunia. Dari 11 orang dalam daftar, Liputan6.com merangkumnya menjadi 4 teratas. Siapa saja?

1. Roman Abramovich

Nama ini mungkin terdengar asing di telinga sebagian orang, namun akan sangat familiar bagi penggemar sepakbola. Miliuner Rusia ini pemilik klub sepakbola besar di Inggris, Chelsea Football Club (Chelsea).

Tapi siapa sangka, pria yang kini kekayaannya mencapai US$ 8,7 miliar (Rp 127,7 triliun) tak pernah mengenyam pendidikan di universitas.

Roman tinggal di panti asuhan sejak kecil dan dikeluarkan dari sekolah di umur 17 tahun. Dia meniti karirnya dengan berjualan bebek karet impor, dan menggunakan uang hadiah pernikahan sebesar 2.000 ruble dari mertuanya, untuk dijadikan modal usaha. Di usia 20 tahun dia mulai berkembang, mulai banyak berinvestasi dan menjual beberapa perusahaan sukses.

2. Francois Pinault

Pria berkebangsaan Perancis ini adalah miliarder dengan total kekayaan mencapai US$ 13,2 miliar (Rp 193,8 triliun). Pinault keluar dari sekolah di umur 16 tahun. Dia menghabiskan waktu remajanya dengan bekerja di bisnis keluarga: jual beli kayu lokal. Kemudian di umur 26 dia mulai jalan sendiri.

Dia memiliki perusahaan kayu setelah meminjam uang 100.000 franc dari keluarganya. Dia kini punya perusahaan holding yang membawahi beberapa label merek fesyen mewah seperti rumah lelang Christie.

3. Liliane Bettencourt

Namanya asing, padahal wanita ini adalah pemilik perusahaan kosmetik raksasa dunia, L’Oreal. Bettencourt yang masuk dalam 10 besar orang terkaya dunia punya kekayaan hingga US$ 41 miliar (Rp 601 triliun). Tapi dia tidak pernah merasakan bangku kuliah.

4. Amancio Ortega

Ortega adalah orang di balik salah satu merek fesyen terbesar dunia, Zara. Dia yang mendirikan dan memiliki Zara. Kisah menariknya, Ortega, yang punya kekayaan US$ 69,5 miliar (Rp 1.020 triliun), meninggalkan sekolahnya sejak umur 14 tahun dan menjadi pengirim surat.

Dia kemudian bekerja di industri tekstil, memilih bekerja dan mengesampingkan pendidikan. Di 1960, dia memutuskan untuk menciptakan pakaian sendiri dan menjual baju mandi (bathrobe), yang dia buat bersama istrinya di rumah. Toko pertama Zara dibuka di tahun 1975.

(red/urista/urnamasari/NP)

loading...

Comments

comments!