Izin Investasi Selesai 3 Jam, Begini Pengurusannya

142

redaksi.co.id – Izin Investasi Selesai 3 Jam, Begini Pengurusannya

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani menyiapkan regulasi yang menghasilkan izin investasi yang mampu selesai selama 3 jam. Izin investasi ini menghasilkan tiga produk, izin prinsip, akte perusahaan dan NPWP.

“Karena itu seperti yang disampaikan pak menko bahwa kami akan proses untuk mendapatkan notaris sebagai inhouse,” kata dia, Selasa, 29 September 2015. Persyaratan investasi ini adalah untuk izin investasi di kawasan industri. Sehingga dengan izin 3 jam, sang investor bisa langsung melakukan pemilihan lokasi di kawasan industri dan langsung memulai merencanakan untuk membangun atau starting konstruksi. Investasi yang ditetapkan untuk saat ini adalah paling sedikit Rp 100 miliar atau mempekerjakan 1.000 tenaga kerja Indonesia,” kata dia.

Setelah itu Investor, hanya menandatangani komitmen untuk norma-norma tertentu yang sudah ditetapkan oleh kementerian teknis. Jika persyarat tersebut terpenuhi, investor mendapatkan izin investasi, badan hukum Indonesia dan NPWP. Kawasan industri, kata dia, sudah memiliki amdal yang menjadi ketentuan harus dipenuhi untuk kawasan industri. Dia mengatakan investor tetap diharuskan untuk membangun pengelolaan limbah dan Upaya Pengelolaan lingkungan Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL UPL).

“Tetapi yang menjadi syarat adalah baku mutunya. Untuk beberapa izin yang lain saya kira sudah akan dieliminir sehingga menjadi norma-norma,” kata dia. Presiden, kata dia, menugaskan BKPM dengan berkoordinasi kementerian teknis lain untuk melakukan pemotongan-pemotongan perizinan. Pemotongan perizinan, dia mengatakan, kebetulan dibahas terutama di sektor industri yang ke depan menjadi salah satu tulang punggung pembangunan ekonomi.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan setelah sejumlah izin berubah menjadi standar atau syarat maka lama mengurus izin investasi di kawasan industri sekitar 3 jam.

“Tapi itu berarti memang BKPM akan punya notaris sendiri karena yang lama tidak bisa diubah itu kalau harus pergi ke notaris lagi itu bisa berhari-hari lamanya,” kata dia. Dia mengatakan jika BKPM mengangkat inhouse notaris atau kontrak dengan notaris maka semuanya dapat diselesaikan sepanjang investornya datang sendiri ke kantor BKPM.

“Jadi kalau dia tidak bisa datang langsung maka dia tidak bisa mendapat layanan cepat jni. Kira-kira seperti itu konsepnya, jadi waktu 3 jam,” kata dia.

(red/ainin/adziroh/LN)

loading...

Comments

comments!