Resmi, Pemerintah takkan Turunkan Harga Premium dan Solar

redaksi.co.id - Resmi, Pemerintah takkan Turunkan Harga Premium dan Solar Pemerintah secara resmi mengumumkan bahwa harga Bahan Bakar Minyak (BBM) per 1 Oktober 2015 tidak mengalami...

8 0

redaksi.co.id – Resmi, Pemerintah takkan Turunkan Harga Premium dan Solar

Pemerintah secara resmi mengumumkan bahwa harga Bahan Bakar Minyak (BBM) per 1 Oktober 2015 tidak mengalami perubahan. Keputusan ini mengacu pada evaluasi selama 3 bulan ke belakang yang dipilih pemerintah.

Harga BBM jenis Premium non Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) tetap pada harga Rp 7.400 dan solar Rp 6.900. Sedangkan untuk harga Jamali masih menunggu pengumuman resmi dari Pertamina selaku pengemban penugasan. Namun, kemungkinan besar harga tidak berubah.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) IGN Wiratmaja Puja menjelaskan, keputusan untuk tetap menahan harga BBM ini sebetulnya berbeda dengan hasil simulasi dengan lama evaluasi 3 bulan. Dengan opsi penyesuaian BBM per 3 bulan, maka parameter yang dilihat adalah harga MOPS (Mean of Platts Singapore) selama 3 bulan ke belakang, rata-rata nilai tukar rupiah selama 3 bulan ke belakang, dan juga biaya transportasi BBM ke seluruh Indonesia.

Dari hasil evaluasi per 3 bulan, maka sejatinya harga BBM jenis Premium justru naik harganya menjadi Rp 7.900 dan solar malah turun menjadi Rp 6.250. Namun, lanjut Wiratmaja, dengan melihat kondisi sosial ekonomi masyarakat saat ini maka pemerintah tidak menggunakan harga hasil evaluasi dan memilih tetap.

Hasil yang berbeda apabila mengacu pada evaluasi per 6 bulan. Jika ikut pada acuan per 6 bulan, maka harga premium naik tinggi menjadi Rp 8.300 dan solar turun menjadi Rp 6.750.

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!