Obama: Suriah Butuh Pemimpin Baru untuk Kalahkan ISIS

redaksi.co.id - Obama: Suriah Butuh Pemimpin Baru untuk Kalahkan ISIS NEW YORK -- Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, Selasa (29/9) mengatakan untuk mengalahkan kelompok militan...

34 0

redaksi.co.id – Obama: Suriah Butuh Pemimpin Baru untuk Kalahkan ISIS

NEW YORK — Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, Selasa (29/9) mengatakan untuk mengalahkan kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) hanya mungkin dilakukan jika Bashar al-Assad turun dari jabatannya sebagai presiden Suriah.

“Saya percaya, mengalahkan ISIS di Suriah membutuhkan pemimpin baru,” kata Obama berbicara di pertemuan puncak kontra-terorisme yang diadakan di sela-sela Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) seperti dikutip dari laman Al Arabiya, Rabu (30/9).

Obama mengaku, negaranya siap bekerja dengan Rusia dan Iran untuk menemukan mekanisme politik yang dimungkinkan untuk memulai proses transisi. AS memang sejak lama bersikeras Assad harus lengser dari kekuasaan.

Tetapi Obama belum menentukan sikap dalam sambutannya apakah pemimpin Suriah bisa mengambil bagian dalam transisi kekuasaan. Obama juga berdebat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin terkait krisis Suriah saat pidato PBB pada Senin (29/9).

Tetapi para pemimpin sepakat bekerja sama untuk mencoba untuk mengakhiri perang empat tahun di Suriah yang telah menewaskan lebih dari 240 ribu orang.

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!