Ada Pusat Gudang Logistik, Indonesia Tak Perlu Impor Lagi

redaksi.co.id - Ada Pusat Gudang Logistik, Indonesia Tak Perlu Impor Lagi JAKARTA - Pemerintah dalam waktu dekat akan mengeluarkan peraturan menteri (Permen) dan peraturan pemerintah (PP)...

14 0

redaksi.co.id – Ada Pusat Gudang Logistik, Indonesia Tak Perlu Impor Lagi

JAKARTA – Pemerintah dalam waktu dekat akan mengeluarkan peraturan menteri (Permen) dan peraturan pemerintah (PP) mengenai pusat logistik berikat.

Hal yang perlu ditunggu adalah tanda tangan Presiden Joko Widodo dan dimasukan ke dalam paket kebijakan untuk mempercepat pertumbuhan perekonomian negara.

“Tinggal ditanda tangani Presiden setelah melalui proses di Menko. Intinya kita ingin memberikan fasilitas industri yang lebih efisien,” ujar Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Selasa (29/9/2015).

Bambang memberi gambaran dengan adanya pusat logistik untuk barang-barang input dari manufaktur, maka perushaan yang bergerak di komoditas itu tidak perlu impor lagi.

Hal yang perlu dilakukan menurut Bambang cukup mengambil dari gudang berikat yang namanya sekarang pusat logistik berikat.

“Tidak perlu ngambil barang dari luar negeri,” ujar Bambang.

Bambang memaparkan rencananya sampai menjelang akhir tahun akan ada dua pusat logistik berikat yang sudah siap. Untuk yang pertama berada di Cikarang terkait manufaktur, sedangkan yang kedua berada di Merak terkait Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Karena kita juga berharap dengan BBM lebih mudah diakses, maka kita tidak perlu lagi mengimpor,” papar Bambang.

Bambang berharap dengan adanya pusat logistik berikat, Indonesia diharapkan tidak menjadi pasar dari barang-barang impor saja, tetapi menjadi pusat produksi barang dan komoditas yang diperlukan negara lain.

“Tinggal mengambil pusat logistik berikat di sini, dan kedepan kita berharap Indonesia lah yang menjadi pusat logistik berikatnya Asia Tenggara,” kata Bambang.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!