Aplikasi Peta Batik Indonesia Kini Hadir di Android dan iOS

185

redaksi.co.id – Aplikasi Peta Batik Indonesia Kini Hadir di Android dan iOS

JAKARTA — Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional setiap 2 Oktober, Bandung Fe Institute bersama Sobat Budaya meluncurkan aplikasi Peta Batik Indonesia. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis bagi pengguna Android dan pengguna iOS.

Batik di Indonesia sangat beragam. Tidak hanya berkembang di Pulau Jawa saja, namun juga di Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara dan Papua. Nyaris hampir setiap daerah memiliki corak batik yang khas.

Dalam proses pendataan budaya yang kami lakukan bersama Sobat Budaya selama sembilan tahun terakhir, melalui situs www.budaya-indonesia.org, telah terdokumentasikan setidaknya 5.849 motif batik yang tersebar dari Aceh hingga ke Papua.

Proses pemetaan dilakukan dengan mengabungkan pendekatan matematika fraktal, ilmu komputasi warna dan kajian biologi evolusioner. Struktur geometris dari setiap motif batik diukur melalui pendekatan matematika fraktal. Pola karakteristik warna motif batik dikaji melalui pendekatan komputasi warna.

Parameter-parameter yang diperoleh dari hasil perhitungan tersebut kemudian dianalisis melalui pendekatan pohon evolusi yang berkembang dalam kajian biologi evolusioner.

Parameter bentuk geometris dan pola warna motif batik diolah sebagai sekuen-sekuen informasi, seperti urutan DNA dalam struktur biologis.

Dia berharap aplikasi Peta Batik Indonesia dapat meningkatkan pengetahuan dan kecintaan kita terhadap batik sebagai warisan tradisi adiluhung Nusantara.

Dari rangkaian penelitian panjang tersebut akhirnya lahirlah Peta Batik Indonesia yang merepresentasikan perkembangan dan kekerabatan motif-motif batik di Indonesia, kata Presiden Bandung Fe Institute, Hokky Situngkir, Rabu (30/9).

(red//ur/sikin/MNA)

loading...

Comments

comments!