Cara India Sediakan Internet di Seluruh Penjuru Negeri

redaksi.co.id - Cara India Sediakan Internet di Seluruh Penjuru Negeri NEW DELHI -- India merupakan salah satu negara dengan penduduk terbesar di dunia. Namun, sekitar 70...

38 0

redaksi.co.id – Cara India Sediakan Internet di Seluruh Penjuru Negeri

NEW DELHI — India merupakan salah satu negara dengan penduduk terbesar di dunia. Namun, sekitar 70 persen dari penduduk India tinggal di desa. Desa-desa tersebut belum memiliki akses internet yang baik. Perdana Menteri India Narendra Modi pun berupaya menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk memberikan akses internet di negara tersebut.

Google berancana membawa wi-fi berkecepatan tinggi untuk 100 stasiun di India hingga akhir tahun 2016 nanti. Google memiliki target untuk menyediakan wifi di 400 stasiun dari 7 ribu stasiun di india. India memiliki stasiun kereta api dengan 13 juta pengguna setiap harinya. India sendiri memiliki 7 ribu stasiun yang tersebar di 67 ribu mil (108.000 km). Rencananya, Google akan membantu pengguna setia kereta api India untuk teap terhubung internet selama mereka berada dalam perjalanan.

Sebanyak 100 stasiun yang sudah terkoneksi dengan wiFi akan membawa 10 juta orang setiap hari. Google berjanji, jika selama ini pengguna smartphone merasa kewalahan mengakses internet yang terputus-putus atau lambat jika berada di kereta api, maka melalui wiFi ini akses ke internet semakin mudah dan cepat. Google juga mengatakan, wiFi yang ditawarkannya pun benar-benar dipercaya memberikan layanan yang memuaskan, bahkan cukup cepat jika digunakan untuk streaming video dengan kualitas HD.

Microsoft juga berancana memberikan layanan internet murah di 600 ribu desa di India. Sebelumnya, Microsoft telah bermitra dengan Googe untuk memberikan wiFi gratis di 400 stasiun kereta di India. Dengan program baru ini, Microsoft berencana memberikan broadband murah di 600 ribu desa di India. Program ini bisa menghubungkan empat juta orang di negara tersebut yang hidup tanpa akses internet.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan program untuk menghubungkan ratusan kereta api, ratusan desa, ratusan sekolah dan perguruan tinggi dengan jaringan internet di India adalah program terbesar yang mungkin tidak akan tertandingi dalam sejarah manusia. Pemerintah India berkomitman untuk mendirikan pusat layanan online bagi masyarakat yang tidak mampu. Menurut Modi, akses internet ini sangat penting bagi petani untuk memprediski cuaca dan lebih memahami kondisi pasar. Hal ini penting untuk membantu meningkatkan bisnis mereka.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!