Presiden Palestina: Kibaran Bendera di PBB Simbol Harapan Kami

redaksi.co.id - Presiden Palestina: Kibaran Bendera di PBB Simbol Harapan Kami Bendera Palestinasegera berkibar untuk pertama kalinya di Gedung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika...

57 0

redaksi.co.id – Presiden Palestina: Kibaran Bendera di PBB Simbol Harapan Kami

Bendera Palestinasegera berkibar untuk pertama kalinya di Gedung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat.

“Saat itu akan menjadi hari paling emosional dan membanggakan,” ungkap para pemimpin Palestina seperti dikutip dari BBC, Rabu (30/9/2015).

Awal bulan September lalu, sidang majelis Umum PBB menyetujui keputusan untuk mengibarkan bendera Palestina dan Vatikan. Saat itu Israel menolak keputusan tersebut dan memprotesnya, bersama Amerika serikat dan 6 anggota PBB lain.(Baca:Bendera Palestina Kini Berkibar di Markas PBB)

Para pemimpin Israel dan Palestina akan berbicara di sidang PBBpekan ini.

“Rasa bangga di kalangan rakyat Palestina begitu merasuk dalam hati, ketika dunia mengambil keputusan dalam pemungutan suara yang bersejarah ini,” tulis Presiden Palestina, Mahmud Abbas seperti dimuat Huffington Post Selasa 29 September.

“Saya percaya, hari ketika bendera kami dikibarkan, berdampingan dengan panji bangsa-bangsa lain di dunia, akan juga merupakan hari yang paling emosional dan membanggakan.” Juga simbol harapan.

Ia juga menyerukan penyelesaian multilateral bagi konflik Palestina-Israel. “PBB harus memberikan kepada rakyat kami lebih dari sekadar harapan,” tuturnya.

Dalam pemungutan suara terkait bendera Palestina pada Kamis 24 September, 119 negara mendukung. Sementara 45 lainnya memutuskan tidak ikut mengambil suara alias abstain.

Duta besar Israel di PBBsaat itu, Ron Prosor menyebut langkah itu merupakan upaya terang-terangan untuk membajak PBB. Sebab, menurut dia, satu-satunya cara Palestina mencapai kedaulatan sebagai sebuah negara adalah dengan perundingan langsung dengan Israel.

Pada 29 November 2012 lalu, Palestina mendapatkan status pengamat non-anggota melalui voting Sidang Majelis PBB.

Wakil Palestinauntuk PBB, Riyad Mansour, sebelumnya mengatakan aksi itu merupakan langkah lain dalam memperkuat keberadaan pemerintah Palestina di arena internasional.

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!