Ilmuwan Ciptakan Origami Mini Seberat 4 Gram

redaksi.co.id - Ilmuwan Ciptakan Origami Mini Seberat 4 Gram JAKARTA -- Ilmwuan menciptakan robot mini. Robot yang diberi nama Tribot ini dibuat oleh EPFL (The Ecole...

14 0

redaksi.co.id – Ilmuwan Ciptakan Origami Mini Seberat 4 Gram

JAKARTA — Ilmwuan menciptakan robot mini. Robot yang diberi nama Tribot ini dibuat oleh EPFL (The Ecole Polytechnique Federale de Lausanne), spesialis robot origami. Tribot memiliki kemampuan untuk merangkak, melompat tanpa istirahat.

Meskipun tidak dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, robot ini memungkinkan untuk digunakan dalam medan-medan sulit. Dilansir dari laman Digitaltrends, robot mini Tribot hanya memiliki berat 4 gram dan tinggi 2 cm. Menampilkan struktur tubuh berbentuk T, Tribot memiliki kemampuan menakjubkan untuk merangkak di semua jenis permukaan.

Di bawah bimbingan Jamie Paik, seorang ahli robotik origami, tim mencoba merancang robot origami yang revolusioner. Tim menggunakan bahan titanium dan nikel untuk membuat robot ini. Di masa depan Paik berharap robot ini dilengkapi dengan sensor sehingga sesama robot Tripot bisa saling berkomunikasi sehingga bisa melakukan tugas yang lebih ‘revolusioner’. Sebab, robot ini bisa diproduksi secara massal dengan memanfaatkan teknik cetak 3D.

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!