Izin Usaha Air Asia Dicabut?

redaksi.co.id - Izin Usaha Air Asia Dicabut? Maskapai penerbangan asal Malaysia, AirAsia Berhad, akan menggabungkan PT Indonesia AirAsia (IAA) dan PT Indonesia AirAsia X menjadi satu...

31 0

redaksi.co.id – Izin Usaha Air Asia Dicabut?

Maskapai penerbangan asal Malaysia, AirAsia Berhad, akan menggabungkan PT Indonesia AirAsia (IAA) dan PT Indonesia AirAsia X menjadi satu entitas perusahaan. Penggabungan itu dilakukan untuk membuat ekuitas Indonesia AirAsia yang sempat negatif jadi positif. IAA merger dengan adiknya, kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo, Rabu 30 September 2015.

Menurut Suprasetyo, manajemen Indonesia AirAsia sudah mengajukan rencana merger itu dan menjelaskan kondisi perusahaannya kepada pemerintah. Kini Kementerian Perhubungan bersama manajemen AirAsia akan segera memproses rencana merger itu. Kalau mereka kerja dengan cepat, kami layani dengan cepat, kata Suprasetyo.

Langkah merger itu disebut untuk menyelamatkan Indonesia AirAsia dari pencabutan izin operasional. Sebab, dengan bergabung bersama AirAsia X, ekuitas Indonesia AirAsia tidak jadi negatif. Saat diminta konfirmasi, Chief Executive Officer PT Indonesia AirAsia X, Dendy Kurniawan, enggan berkomentar banyak. Dia memilih menunggu pengumuman resmi dari Kementerian.

Namun pada Agustus lalu, Sunu mengakui perusahaannya meminta toleransi waktu sampai September untuk menambah modal. Sunu yakin AirAsia bisa mendapatkan suntikan modal segar sampai akhir September sesuai tenggat yang diberikan oleh Kementerian. Sudah ada komitmen dari pemegang saham dalam negeri, ujarnya saat itu.

Indonesia AirAsia merupakan satu dari tiga belas maskapai penerbangan yang ekuitasnya negatif, berdasarkan hasil pemeriksaan Kementerian Perhubungan pada Juli 2015. Kementerian mengancam akan mencabut izin operasional maskapai-maskapai itu jika ekuitasnya tak bisa positif sampai 30 September 2015.

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!