Menteri PUPR Tak Merasa Pinjam Uang dari Tiongkok buat Bangun Jalan

redaksi.co.id - Menteri PUPR Tak Merasa Pinjam Uang dari Tiongkok buat Bangun Jalan Tiga Bank BUMN yakni BNI, BRI, dan Bank Mandiri telah melakukan kesepakatan meminjam...

14 0

redaksi.co.id – Menteri PUPR Tak Merasa Pinjam Uang dari Tiongkok buat Bangun Jalan

Tiga Bank BUMN yakni BNI, BRI, dan Bank Mandiri telah melakukan kesepakatan meminjam uang dari bank asal Tiongkok China Development Bank.

Masing-masing bank BUMN mendapat kucuran dana 1 miliar dollar AS yang dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengaku tidak pernah melakukan kesepakatan meminjam uang dari Tiongkok untuk pembangunan jalan.

Menurut Basuki pinjaman anggaran Tiongkok hanya pada proyek empat jalan tol saja yakni Manado-Bitung, Balikpapan-Samarinda, Cileunyi-Sumedang, dan Cisundawu-Solo.

“Pinjaman biasa untuk empat proyek jalan tol itu. Nggak terkait tiga peminjaman bank itu,” ujar Basuki di kantor Kementerian PUPR, Kamis (1/10/2015).

Basuki mengaku tidak pernah mendapat ajakan membahas pinjaman Tiongkok bersama Menteri BUMN Rini Soemarno dan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang infrastruktur.

Basuki juga merasa tidak pernah didekat pihak Tiongkok terkait peminjaman anggaran baru tersebut.

“Saya teruskan yang lama, tidak terkait tiga bank, coba tanya bu Rini, minimal belum ada ngomong ke saya. Bu Rini nggak ngomong sama saya, BUMN nggak ngomong sama saya, Tiongkok nggak ngomong sama saya,” kata Basuki.

Menanggapi pinjaman Tiongkok kepada tiga bank BUMN, Basuki menilai itu adalah hal positif. Menurut Basuki kemungkinan besar perusahaan BUMN yang akan membangun proyek infrastruktur itu tanpa melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Nggak apa-apa, bagus, mungkin dengan BUMN karya-karya yang untuk penugasan itu,” papar Basuki.

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!