Agus Martowardojo Minta Penyesuaian Harga BBM Bukan untuk Popularitas

redaksi.co.id - Agus Martowardojo Minta Penyesuaian Harga BBM Bukan untuk Popularitas JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo meminta kepada pemerintah dalam setiap memutuskan harga...

30 0

redaksi.co.id – Agus Martowardojo Minta Penyesuaian Harga BBM Bukan untuk Popularitas

JAKARTA – Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo meminta kepada pemerintah dalam setiap memutuskan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), bukan sekadar mencari popularitas saja, tetapi perlu mempertimbangkan ketentuan yang sudah ada.

“Jangan untuk popularitas, tapi harus akuntabilitas dan kondisi sebenarnya. Jadi kalau mau direview harus lakukan dengan disiplin, enam bulan diriview. Kalau perlu naik, ya naik, kalau perlu turun, ya turun,” kata Agus di gedung Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (2/10/2015).

Menurut Agus, pemerintah dalam menghitung dan formula yang dipakai untuk melakukan penyesuaian harga BBM harus transparan dan konsisten. Sehingga, hal tersebut menjadi bagian pendidikan bagi masyarakat.

“Kalau itu konsisten dan sudah memungkinkan untuk penurunan, kami dukung. Tetapi yang utama adalah transparansi perhitungannya,” ucap Agus.

Oleh sebab itu, Agus mengimbau pemerintah jika data-data belum mendukung untuk penurunan harga BBM maka sebaiknya jangan dilakukan terlebih dahulu.

“Jangan diturunkan saat hitung-hitungannya belum menunjukan untuk tetap diturunkan, nanti malah yang terjadi sedikit penurunan tapi kehilangan kepercayaan dan kredibilitas,”katanya.

(red/udianto/R)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!