Anggota DPR Duga Ada Pihak yang Bermain di Proyek Kereta Cepat

redaksi.co.id - Anggota DPR Duga Ada Pihak yang Bermain di Proyek Kereta Cepat Pemerintah memastikan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan dilaksanakan. Proyek yang ditaksir menghabiskan dana...

37 0

redaksi.co.id – Anggota DPR Duga Ada Pihak yang Bermain di Proyek Kereta Cepat

Pemerintah memastikan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan dilaksanakan. Proyek yang ditaksir menghabiskan dana Rp 60 triliun akan digarap oleh investor asal Tiongkok.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi V DPR RI, Miryam S Haryani mengatakan, keputusan pemerintah tetap melanjutkan proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung dengan menggandeng Tiongkok merupakan keputusan yang sangat dipaksakan.

“Bisa jadi ada yang sedang bermain dengan mencoba meraih keuntungan pribadi dari proyek ini,” kata Miryam ketika dikonfirmasi, Jumat (2/10/2015).

Politikus Hanura itu menuturkan, selain dipaksakan, proyek ini juga terlihat sekali bahwa konsepnya tidak matang. Hal itu terbukti dengan permintaan presiden agar kecepatan kereta ini diturunkan dari rencana semula.

“Apabila kecepatan kereta diturunkan berarti namanya bukan kereta cepat lagi dong, disinilah saya melihat ketidakjelasannya,” tuturnya.

Ketua Umum Srikandi Hanura itu menuturkan, persoalan alasan kerjasama dalam bentuk Business to Business juga hanya akal-akalan saja.

Menurutnya isi kerjasamanya sama saja yakni tetap berupa pinjaman dan pihak yang bertanggungjawab adalah perusahaan milik negara.

“Secara tidak langsung tetap pemerintah yang bertanggungjawab atas kerjasama itu, hanya kemudian dikaburkan biar tidak semakin kencang kritikan dari publik,” ujarnya.

Masih kata Miryam, proyek yang tak jelas urgensinya ini jelas sangat menyakiti rakyat Indonesia khususnya mereka yang berada di luar pulau Jawa. Terlebih untuk rakyat yang hari ini masih berperang melawan asap yang tak kunjung mereda.

“Pemerataan pembangunan antara Jawa dan luar Jawa nampaknya semakin jauh dari harapan jika sikap pemerintah msh terus seperti ini,” ujarnya.

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!