Yaman Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Iran

redaksi.co.id - Yaman Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Iran Pemerintah Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi di Yaman dukungan Arab Saudi mengambil keputusan memutuskan hubungan diplomatikdengan Iran.Kantor berita Saba...

33 0

redaksi.co.id – Yaman Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Iran

Pemerintah Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi di Yaman dukungan Arab Saudi mengambil keputusan memutuskan hubungan diplomatikdengan Iran.

Kantor berita Saba yang mengutip seorang di Kepresidenan Yaman mengatakan, Yaman telah mengambil keputusan mengusir Duta Besar Iran untuk Yaman menarik utusan Yaman untuk Teheran dan menutup misi diplomatiknya di Iran.

“Keputusan itu merupakan sebuah protes terhadap campur tangan Iran dalam urusna internal Yaman dan pelanggaran kedaulatan nasionalnya, dengan menyebut penahanan sebuah kapal Iran yang bermuatan senjata baru-baru ini,” ujar sumber itu seperti dilansir Reuters, Jumat 2 Oktober 2015.

Pasukan koalisi pimpinan Saudi yang bertempur melawan pemberontak Houthiselama 6 bulan terakhir dan berusaha memulihkan Hadi ke tampuk kekuasaan menyatakan, mereka telah menyita sebuah kapal nelayan Iran yang bermuatan senjata untuk Houthi.

Iran adalah sekutu pejuang Houthi yang menguasai negara itu tahun lalu dan memaksa pemerintahan Hadi mengasingkan diri.

Pada Jumat pagi, media milik pemerintah Aden TV melaporkan bahwa pemerintah Yamandukungan Saudi telah mengambil keputusan memutus hubungan diplomatik dengan Iran, tanpa memberi penjelasan jatidiri sumber tersebut.

Mengomentasi laporan Aden TV, juru bicara pemerintah Yaman Rajeh Badi kemudian mengatakan kabinet belum melakukan pemutusan hubungan dengan Iran. (Ado/Rmn)

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!