'Realisasikan Dulu Paket Jilid II daripada Keluarkan Paket Lagi'

redaksi.co.id - 'Realisasikan Dulu Paket Jilid II daripada Keluarkan Paket Lagi' Presiden Jokowi telah paket ekonomi jilid II. Paket tersebut harus segera diimplementasikan guna menggaet angin...

40 0

redaksi.co.id – 'Realisasikan Dulu Paket Jilid II daripada Keluarkan Paket Lagi'

Presiden Jokowi telah paket ekonomi jilid II. Paket tersebut harus segera diimplementasikan guna menggaet angin positif dari para pelaku ekonomi. Apabila tidak segera dijalankan dan hanya sekadar teori semata, maka ini akan menjadi hambatan psikologis bagi pemerintah untuk meluncurkan paket berikutnya.

Peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Eko Listiyanto mengatakan sebetulnya pemerintah tidak membutuhkan paket kebijakan ekonomi jilid III apabila jilid I dan II diimplementasikan dengan baik. “Tidak harus 100 persen, cukup 80 persen saja paket jilid I dan II dijalankan itu sudah mempunyai efek yang besar bagi perekonomian Tanah Air,” ujarnya kepada Republika.co.id, baru-baru ini.

Pemerintah ditantang untuk mngimplementasikan kebijakan yang dikeluarkan. Di jilid I, kebijakan yang dikeluarkan terlalu banyak dan tidak fokus. Sedangkan paket jilid II tidak terlalu banyak bicara namun lebih mengena sehingga seharusnya pemerintah berhenti di paket ini dulu.

“Merealisasikan lebih dulu jilid II ini lebih baik daripada bulan depan mengeluarkan paket lagi,” kata Eko. Kalau terus digempur dengan peluncuran paket tanpa adanya realisasi, akan membuat pelaku ekonomi semakin bingung.

Dia menilai paket jilid II sudah cukup mengingat isinya lebih terfokus. Paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah merupakan stimulus untuk segera memperbaiki kondisi perekonomian yang ada. Pemerintah harus menetapkan target dari paket jilid II, misalnya terkait berapa jumlah perusahaan yang akan masuk berinvestasi ke Indonesia atau berapa penyerapan kerja yang akan tersedot karena kebijakan ini.

(red/udianto/R)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!