Lukisan Karya Orang Terkaya Dunia Terjual Rp 79 Miliar

redaksi.co.id - Lukisan Karya Orang Terkaya Dunia Terjual Rp 79 Miliar Siapa sangka salah satu orang terkaya dunia, Jack Ma, adalah seorang pelukis. Lukisannya laku terjual...

34 0

redaksi.co.id – Lukisan Karya Orang Terkaya Dunia Terjual Rp 79 Miliar

Siapa sangka salah satu orang terkaya dunia, Jack Ma, adalah seorang pelukis. Lukisannya laku terjual hingga jutaan dolar dalam sebuah lelang.

Lukisan Ma yang berjudul “Paradise,” adalah sebuah lukisan cat minyak di atas kanvas yang menggambarkan bumi. Lukisan tersebut dibuat bersama dengan temannya yang juga seorang seniman China terkenal Zeng Fanzhi.

“Ini adalah pertama kalinya saya melukis, dan melakukannya dengan Fanzhi, Saya sangat tersanjung,” tulis Ma dalam katalog lelang yang dikutip dari CNN Money, Senin (5/10/2015).

Lukisan tersebut dilelang di Sotheby pada hari Minggu waktu setempat dan terjual seharga 42,2 juta dollar Hong Kong atau sekitar Rp 79 miliar (kurs Rp. 1864 per HKD). Nilai itu 17 kali lebih tinggi dari yang diperkirakan oleh rumah lelang.

Lukisan indah tersebut dibeli oleh pengusaha Cina Qian Fenglei. Hasil penjualan lukisan itu akan disumbangkan ke Paradise International Foundation, sebuah lembaga non-profit yang bergerak pada bidang konservasi lingkungan yang didukung oleh Ma, Zeng, dan orang dermawan China lainnya.

Seperti halnya Warren Buffett, Ma, yang pernah beberapa kali ditolak Harvard University ini juga terjun dalam kegiatan amal. Pada bulan Mei, Ma menjadi ketua dewan untuk program Nature Conservancy China. Selama musim panas, ia menghabiskan US$ 23 juta atau sekitar Rp 344 miliar (kurs Rp 14.525 per dollar AS) untuk membeli tanah yang sangat luas di New York, dan mengubahnya menjadi kawasan konservasi.

Pada acara lelang tersebut, karya Zeng dan Ma masuk kedalam katagori modern kontemporer. Acara lelang tersebut menghasilkan total penjualan sekitar 596 juta dolar Hong Kong atau sekitar Rp 1,1 triliun.

Diantara 98 karya seni lainya yang dilelang pada saat itu, terdapat juga karya seniman taiwan Ju Ming, seniman polkadot asal jepang usama Yayoi, dan juga karya dari seniman cina Wewei. (Ilh/Zul).

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!