Soal Kereta Cepat, Kementerian Transportasi Jepang akan Pantau Indonesia

redaksi.co.id - Soal Kereta Cepat, Kementerian Transportasi Jepang akan Pantau Indonesia Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari TokyoTOKYO - Pemerintah Jepang dalam hal ini Kementerian Tanah...

24 0

redaksi.co.id – Soal Kereta Cepat, Kementerian Transportasi Jepang akan Pantau Indonesia

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TOKYO – Pemerintah Jepang dalam hal ini Kementerian Tanah Infrastruktur dan Transportasi Jepang (MLIT) mengulangi kembali pernyataan menterinya Jumat (2/10/2015) lalu yang akan meninjau kembali kebijakan Jepang terhadap Indonesia.

Bahkan juga akan melihat lebih dekat atas perkembangan Indonesia.

“Dengan kejadian ini, kita benar kaget dan merasa sungguh tidak bisa mengerti mengenai keputusan Indonesia jelas akan meninjau kembali hubungan kedua negara ini di bidang transportasi di masa depan,” kata pejabat tinggi MLIT khusus kepada Tribunnews.com, Senin (5/10/2015).

Selain itu Jepang juga akan melihat lebih dekat apa yang akan terjadi di Indonesia nantinya. Jepang ingin tahu apa yang akan terjadi nantinya dengan proyek kereta api cepat di Indonesia di masa mendatang.

“Kita sangat dekat dan baik hubungannya selama ini. Oleh karena itu akan melihat dengan seksama semua perkembangan yang ada di masa depan. Jangan sampai Indonesia nantinya kesusahan dengan proyek kereta cepatnya, meskipun Jepang tidak mendapatkan proyek ini,” tambahnya.

Kalah dalam bisnis merupakan hal yang biasa bagi Jepang. Tetapi upaya yang dianggap tidak etis oleh Jepang, mendadak mengalihkan ke swasta, merupakan hal yang sangat mengagetkan sekali bagi Jepang karena dilakukan sebuah pemerintahan, bukan oleh perusahaan swasta.

Jepang juga mengingatkan agar proyek tersebut jangan sampai terjadi seperti yang menimpa menjadi kesusahan kepada pemerintah Filipina belum lama ini.

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!