Menkeu: Sebenarnya Rupiah Sudah Bisa Menguat

redaksi.co.id - Menkeu: Sebenarnya Rupiah Sudah Bisa Menguat Pemerintah terus menyalahkan kondisi ketidakpastian ekonomi global akibat tenggelamnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Pemerintah...

9 0

redaksi.co.id – Menkeu: Sebenarnya Rupiah Sudah Bisa Menguat

Pemerintah terus menyalahkan kondisi ketidakpastian ekonomi global akibat tenggelamnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Pemerintah menilai, seharusnya kurs rupiah mampu menguat karena indikator makro ekonomi Indonesia sudah jauh lebih baik dibanding sebelumnya.

Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro mengatakan, saat ini terjadi kondisi anomali atau ketidaknormalan sehingga memicu pelemahan nilai tukar rupiah.

“Sekarang kita menghadapi kondisi yang anomali, lihat saja kurs rupiah melemahnya seperti itu (dalam),” ucap dia saat ditemui di Hotel Shangrila, Jakarta, Senin (5/10/2015).

Menurut Bambang, variabel indikator ekonomi makro Indonesia sudah menunjukkan perbaikan dari sisi defisit transaksi berjalan semakin menyempit, inflasi lebih terkendali dan neraca perdagangan mengalami surplus.

Dia menjelaskan, defisit transaksi berjalan Indonesia sudah menyentuh di bawah 2,5 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Sementara inflasi, sambungnya, mengarah di bawah 7 persen secara tahunan (year on year) dan berada di kisaran 2,2 persen-2,3 persen (year to date). Neraca perdagangan Indonesia mencatatkan surplus dengan realisasi penurunan impor.

“Indikator makronya sudah membaik, sebenarnya syarat untuk penguatan rupiah sudah ada. Tapi memang kondisi global dan isu sentimen domestik lain yang mengakibatkan (pelemahan kurs rupiah),” ujar Bambang.

Dia memperkirakan, tekanan rupiah masih akan terus berlangsung sampai kondisi ketidakpastian global berkurang. Pasalnya, Bambang bilang, perekonomian dunia saat ini tidak jelas arahnya, seperti rencana kenaikan tingkat suku bunga AS.

“Meski ini alasan klise diulang-ulang terus tapi ini realitasnya. Semua pemain menunggu sinyal dari AS,” pungkasnya. (Fik/Zul)

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!