Tren Melandai, Pengembang Fokus Hunian di Bawah Rp 500 Juta

115

redaksi.co.id – Tren Melandai, Pengembang Fokus Hunian di Bawah Rp 500 Juta

Penjualan properti yang mengalami tren melandai sejak awal tahun membuat perusahaan pengembang mencari ceruk pasar yang masih gemuk. Direktur PT Metropolitan Land Olivia Surodjo mengatakan perseroan kini fokus menjual hunian dengan banderol harga di bawah Rp 500 juta, yakni di rentang Rp 250-450 juta.

“Fokus kami sekarang di middle low , tapi bukan low end ,” ungkapnya. Olivia menuturkan pengalihan segmen dilakukan menyusul penjualan properti di segmen atas yang kian lesu. Terlebih, indeks konsumen juga semakin terjerumus ke level pesimis. Survei Bank Indonesia menunjukkan, per September 2015, indeks keyakinan konsumen (IKK) tercatat 97,5 atau level terendah dalam lima tahun terakhir.

Porsi pendapatan yang digunakan untuk konsumsi menurun dari 69,2 persen pada Desember 2014 menjadi 68,5 persen pada September 2015. Olivia mengatakan daya beli masyarakat bisa kembali meningkat jika pemerintah merealisasikan wacana menurunkan harga bahan bakar minyak dan menurunkan tingkat suku bunga kredit.

“Tapi pengaruhnya tergantung seberapa besar penurunannya,” ujar Olivia. Hingga akhir 2015, Metland memproyeksi pendapatan prapenjualan bisa mencapai Rp 1,29 triliun. Adapun, berdasarkan laporan keuangan per Juni 2015, pendapatan perseroan mencapai Rp 527,23 miliar. Sebanyak Rp 278 miliar di antaranya berasal dari penjualan hunian.

(red/urista/urnamasari/NP)

loading...

Comments

comments!