Tahun Depan Masyarakat Bisa Nikmati 4G di Frekuensi 1800 Mhz

redaksi.co.id - Tahun Depan Masyarakat Bisa Nikmati 4G di Frekuensi 1800 Mhz REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan masyarakat Indonesia dapat menikmati jaringan 4G...

12 0

redaksi.co.id – Tahun Depan Masyarakat Bisa Nikmati 4G di Frekuensi 1800 Mhz

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan masyarakat Indonesia dapat menikmati jaringan 4G mulai tahun depan.

“Sekarang kita sedang migrasi ke 4G, hampir tiap hari saya memantau sudah sampai mana, dan kami sangat fokus pada program ini,” kata dia usai membuka IDByte Conference di Jakarta, Jumat.

“Akhir tahun ini insya allah sudah selesai Jawa, jadi praktis Januari 2016 masyarakat bisa menikmati 4G di 1800,” sambung dia.

Menkominfo mengatakan hari ini refarming atau penataan ulang jaringan 4G mulai memasuki wilayah Jawa Timur yang akan selesai dilakukan di seluruh Indonesia akhir tahun ini.

Dia mengatakan frekuensi 1800 MHz merupakan ekosistem terbaik untuk 4G di mana sejumlah negara malah memulai jaringan 4G pada frekuensi 800 MHz.

Saat ditanya mengenai penerapan 5G, Menkominfo menjawab akan mengimplementasikan jika bisnis model untuk jaringan 5G telah tersedia.

“Saya baru saja bertemu dengan pemerintah Jepang, mereka berencana untuk mengimplementasikan 5G pada 2020 memanfaatkan acara Olimpiade,” ujar Rudiantara. “Kalau ada bisnis modelnya 5G bisa diimplementasikan. Saat ini kita sedang merapikan 4G.”

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!