Ferguson: Giggs Melatih MU Sekarang, Andai Pensiun Dini

redaksi.co.id - Ferguson: Giggs Melatih MU Sekarang, Andai Pensiun Dini REPUBLIKA.CO.ID,MANCHESTER -- Ryan Giggs boleh jadi menjabat sebagai manajer Manchester United saat ini andaikan pensiun pada...

48 0

redaksi.co.id – Ferguson: Giggs Melatih MU Sekarang, Andai Pensiun Dini

REPUBLIKA.CO.ID,MANCHESTER — Ryan Giggs boleh jadi menjabat sebagai manajer Manchester United saat ini andaikan pensiun pada usia 35 tahun. Nyatanya, pria Wales ini memutuskan terus bermain hingga gantung sepatu pada umur 40 tahun.

Komentar ini disampaikan Sir Alex Ferguson dalam film dokumenter ‘Sir Alex Ferguson: Rahasia Sukses’, yang akan diputar di BBC One pada 31 Oktober.

“Jika Ryan Giggs telah pensiun enam, tujuh tahun yang lalu …, katakanlah, 35, sangat mungkin saya akan menjadikannya asisten. Dan, sangat mungkin ia bisa langsung menempati pekerjaan (sebagai manajer) dengan pengalaman menjadi asisten saya, seperti yang ia lakukan sekarang bersama Louis van Gaal, “kata Ferguson seperti dikutip Reuters, Selasa (6/10).

Namun, kata Ferguson, dia tak pernah meminta pemain untuk pensiun. Alhasil Giggs terus bermain hingga mencatatkan 963 penampilan untuk United.

Film ini kemudian berhenti dan beralih kepada Giggs yang terkejut. “Dia mengatakan itu? Akan jadi hebat bagi saya secara personal bila bekerja di bawah Sir Alex,” kata dia.

MU kemudian memutuskan menunjuk David Moyes sebagai pengganti. Ferguson menampik anggapan penunjukan kompatriotnya asal Skotlandia itu merupakan keputusannya sendiri.

“Ketika saya mengumumkan pensiun saya, apakah Anda benar-benar percaya bahwa satu orang bisa memutuskan masa depan Manchester United?” tanya Ferguson.

Menurut dia, saat itu penunjukan Moyes merupakan keputusan terbaik karena sejumlah pelatih top dunia sudah memiliki kontrak dengan klub atau tim nasional.

Hanya Pep Guardiola ketika itu yang tak bekerja. Ferguson mengungkapkan ia pernah menawari Guardiola tapi tak ada respons dari eks pelatih Barceloan itu yang kemudian memilih Bayern Muenchen.

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!