Film The Martian Sajikan Sains yang Mudah Dipahami

redaksi.co.id - Film The Martian Sajikan Sains yang Mudah Dipahami Sebagai film fiksi ilmiah, kisah dan visualisasi film The Martian disebut-sebut tingkat presisi yang tinggi dengan...

11 0

redaksi.co.id – Film The Martian Sajikan Sains yang Mudah Dipahami

Sebagai film fiksi ilmiah, kisah dan visualisasi film The Martian disebut-sebut tingkat presisi yang tinggi dengan perkembangan sains tentang astronomi dan biologi. Apalagi, pembuatan film garapan Ridley Scott ini juga berdasarkan dari hasil konsultasi dengan NASA. Jika ada hubungan erat antara film ini dengan sains, lalu bagaimanakah posisi dan peran film ini dalam ranah pendidikan?

Dalam sebuah wawancara dengan Space.com, aktor utama The Martian, Matt Damon,menyatakan bahwa film ini bisa menjadi sebuah alat pengajar yang baik. Soalnya, The Martian memuat banyak penggambaran dari ilmu pengetahuan secara sederhana.

Konten film ini sangat mudah dipahami, bahkan bagi anak-anak. Kalau saya saja bisa memahami film ini, berarti anak-anak sekolah menengah pertama juga bisa memahaminya. Film ini bisa menjadi alat yang sangat disukai guru-guru, jelas Matt.

Dalam film The Martian, Matt Damon memerankan Mark Watney, seorang astronot dan ahli biologi yang tertinggal seorang diri di Mars. Untuk mendalami karakter Mark ini, Matt Damon mempelajari keahlian dan kehidupan para astronot di kehidupan nyata.

Menurutnya,pekerjaan para astronot ini sangat mulia. Mereka rela meninggalkan keluarganya untuk melakukan misi-misi berbahaya demi kemajuan kehidupan ras manusia.

The Martian sendiri merupakan film hasil adaptasi dari novel fiksi ilmiah berjudul sama karya Andy Weir. Buku yang dirilis tahun 2011 ini dianggap sebagai novel fiksi ilmiah yang mendekati kebenaran. Andy Weir memang melakukan riset yang mendalam untuk buku tersebut.

Menurut Matt Damon, riset Andy Weir tersebut memiliki peran besar dalam film The Martian, sehinggabisa mulus dalam menjelaskan ceritanya tanpa perlu menempatkan ilmu astronomi dan biologi sebagai ilmu yang sukar dipahami.

Dalam kisah film ini, Mark Watney tertinggal seorang diri di planet Mars dengan perbekalan yang hanya cukup untuk 50 hari. Sedangkan tim penyelamat perlu waktu lebih dari 8 bulan untuk mendarat lagi di Mars.

Dengan kondisi tersebut, Mark harus melakukan inovasi demi bertahan hidup. Film The Martian sudah dirilis di bioskop-bioskop Indonesia sejak 30 September kemarin. Silakan membuktikan keilmiahan film ini di bioskop-bioskop terdekat.

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!