Bug 'Starefright 2.0' Memungkinkan Android Diretas Lewat Mp3

redaksi.co.id - Bug 'Starefright 2.0' Memungkinkan Android Diretas Lewat Mp3 JAKARTA -- Waspadalah ketika membuka video atau mp3 dari internet melalui ponsel Android Anda. Pasalnya, melalui...

11 0

redaksi.co.id – Bug 'Starefright 2.0' Memungkinkan Android Diretas Lewat Mp3

JAKARTA — Waspadalah ketika membuka video atau mp3 dari internet melalui ponsel Android Anda. Pasalnya, melalui file itu peretas kini bisa memanfaatkan cacat pada sistem operasi ponsel Anda untuk menguasainya.

Kelompok tim bernama Zimperium Security baru saja menemukan bug, yang mereka namai Starefright 2. Ini merupakan temuan kedua mereka setelah Stagefright 1.

Bedanya jika bug pertama yang pertama mereka temukan memungkinkan pengguna menguasai perangkat Android lewat pesan MMS, Starefright 2 memungkinkan peretas melumpuhkan perangkat melalui dokumen berformat mp3 (audio) dan mp4 (video).

Jika pengguna mengunjungi situs berisi dokumen lagu dan video yang terinfeksi dan mengaksesnya, maka celah pada sistem operasi Android tersebut memungkinkan penyerang untuk mengakses perangkat dan menjalankan coding dari jarak jauh.

Peretas bisa memperoleh akses penuh ke perangkat korban, dan menginstall program berbahaya hingga mencuri informasi penting di dalamnya.

Bug baru ini disebut lebih berbahaya dari temuan sebelumnya. Karena tidak seperti bug pertama yang ditemukan, Starefright 2.0 tidak sampai mengharuskan penyerang untuk mengetahui nomor pengguna terlebih dahulu.

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!