Untuk Ketiga Kalinya PM Jepang Shinzo Abe Rombak Kabinet

161

redaksi.co.id – Untuk Ketiga Kalinya PM Jepang Shinzo Abe Rombak Kabinet

Beberapa nama yang diperoleh Tribunnews.com pagi ini akan menduduki jabatan yang baru di Kabinet Abe ke-3 ini. Sore atau malam hari akan diumumkan oleh Toshihide Suga yang tidak berubah pada posisinya sebagai Sekretaris Kabinet. Sedangkan wakilnya adalah Katsunobu Kato dengan posisi menjadi setingkat menteri.

Pada kabinet kali ini, yang pertama kali bergabung pada kabinet baru Abe yang ketiga kali ini, ada 9 orang. Lalu dulu pernah menjabat menteri, kini kembali menjadi Menteri ada satu orang. Total 9 orang tetap tak berubah termasuk Suga, Wakil PM Jepang Taro Aso, Amari, Kishida, Nakatani Shiozaki dan Ishiba. Sedangkan menteri wanita ada tiga orang.

Menteri Ekonomi Perdagangan dan Industri yang baru nantinya Mikio Hayashi menggantikan Yoichi Miyazawa.

Menteri Keselamatan Nasional Reformasi Administrasi dipegang Taro Kono yang sebelumnya dipegang Eriko Yamatani.

Menteri Lingkungan Hidup Tamayo Marukawa menggantikan Yoshio Mochizuki. Kemudian penunjukan Aiko Shimajiri sebagai Menteri Okinawa Hokkaido menggantikan Shunichi Yamaguchi.

Menteri Pertanahan Infrastruktur Transportasi yang baru adalah Keiichi Ishii menggantikan Akihiro Ota. Keduanya dari partai koalisi, Partai Komeito.

Hiroshi Hase untuk Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, menggantikan Hakubun Shimomura yang mengundurkan diri dan merasa bertanggungjawab atas kegagalan penentuan konstruksi bangunan Stadion Nasional Jepang untuk Olimpiade 2020.

Di sisi lain, dalam personel eksekutif Partai Demokrat Liberal (LDP) tambahan baru untuk Sato pengangkatan kembali dari Ketua Komite Urusan Diet.

Sekjen LDP Tanigaki tidak berubah, demikian pula Nikai sebagai Ketua Urusan Umum LDP, dan Inada sebagai Ketua Penelitian Kebijakan LDP serta Motegi sebagai Ketua Kampanye Pemilihan Partai. Komura tetap sebagai Wakil Ketua LDP.

Perombakan markas kabinet di kediaman resmi Perdana Menteri. Kemudian, setelah upacara sertifikasi di Imperial Palace, Sekretaris Kabinet Suga akan mengumumkan resmi susunan kabinet baru tersebut.

Perdana Menteri Shinzo Abe jam 7 malam mengadakan konferensi pers mengenai pergantian personel menteri, serta penanganan masa depan.

(red/andhi/urhartanto/SN)

loading...

Comments

comments!