Menkeu Beberkan Dua Faktor Rupiah Menguat

redaksi.co.id - Menkeu Beberkan Dua Faktor Rupiah Menguat Nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat semakin menunjukkan tren positif. Rupiah sore tadi berada di zona hijau...

43 0

redaksi.co.id – Menkeu Beberkan Dua Faktor Rupiah Menguat

Nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat semakin menunjukkan tren positif. Rupiah sore tadi berada di zona hijau yakni pada kisaran level Rp 14.241.

Menanggapi menguatnya rupiah terhadap dollar AS, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan hal itu disebabkan oleh dua faktor utama. Faktor pertama adalah faktor global terkait peluang Bank Sentral AS The Federal Reserve (The Fed) untuk menaikkan suku bunga acuan yang semakin tipis.

“Kepastian AS untuk naikkan tingkat bunga makin kecil bahkan lebih besar kemungkinan tahun 2016, hal itu yang membuat semua mata uang menguat. Rupiah yang memang undervalue juga menguat demikian juga bursa saham kita,” kata Bambang di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (6/10/2015).

Faktor kedua yang menguatkan rupiah kata Bambang adalah peranan dari dalam negeri. Menurutnya, saat ini permintaan dollar AS tidak dalam jumlah yang banyak, tak seperti Kuartal II 2015.

“Jadi juga nggak ada permintaan (dollar AS) luar biasa dari domestik,” tandasnya.

Diberitakan, penguatan rupiah sudah terjadi sejak awal pekan ini, karena adanya asumsi pelaku pasar bahwa The Fed belum akan menaikkan suku bunganya pada Oktober 2015 akibat data pekerja di negeri Paman Sam jauh di bawah ekspektasi.

Data Bloomberg pada sore ini, rupiah ditutup menguat 262 poin atau 1,81 persen ke level Rp 14.241 dari posisi penutupan kemarin Rp 14.503 per dolar AS.

Penguatan rupiah sudah berlangsung sejak pagi tadi, rupiah dibuka pada level Rp 14.482 per dolar AS.

Tercatat, pergerakan rupiah sepanjang perdagangan kemarin Selasa (6/7) bergerak pada rentang Rp 14.175 hingga Rp 14.482 per dolar AS.

(red/ega/wi/riesta/VDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!