Formula Baru Sistem Upah Tenaga Kerja Segera Diumumkan

redaksi.co.id - Formula Baru Sistem Upah Tenaga Kerja Segera Diumumkan Pemerintah Jokowi-JK tengah menyusun formula baru sistem pengupahan di Indonesia. Formula ini diharapkan bisa memberikan ketenangan...

27 0

redaksi.co.id – Formula Baru Sistem Upah Tenaga Kerja Segera Diumumkan

Pemerintah Jokowi-JK tengah menyusun formula baru sistem pengupahan di Indonesia. Formula ini diharapkan bisa memberikan ketenangan bagi investor dan para buruh.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution baru saja menggelar rapat koordinasi terkait sistem pengupahan yang baru. Darmin membahasnya bersama Menteri ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri.

Namun demikian, Darmin masih belum menyampaikan hasil rapat tersebut. Darmin hanya memastikan formula baru sistem pengupahan akan diumumkan dua hari lagi atau Kamis (8/10).

“Bagaimana nanti diumumkan kamis besok (8 Oktober 2015),” ujar Darmin, selasa (06/10).

Diberitakan sebelumnya, pemerintah belum menemukan formulasi yang tepat untuk sistem pengupahan tenaga kerja sesuai kondisi ekonomi saat ini. Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri mengatakan, sistem pengupahan penting sebagai pertimbangan bagi investor menanamkan modalnya di dalam negeri yang otomatis bisa membuka lapangan kerja baru.

“Bagaimana agar lapangan pekerjaan itu bisa lebih banyak. Otomatis investasi lebih besar dan isu-isu itu dikaitkan juga dengan persoalan pengupahan sebagai salah satu faktor pertimbangan di dunia usaha,” kata Hanif di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (22/9).

Untuk sistem pengupahan, pemerintah masih merancang mekanisme yang tepat. Termasuk soal kenaikan upah agar tak memberatkan pengusaha.

Deputi Bidang Pengendalian Pelaksana Penanaman Modal BKPM, Azhar Lubis mengatakan, pemerintah akan terus berupaya memperbaiki iklim investasi, khususnya di sektor industri padat karya. Pasalnya, industri padat karya saat ini ampuh menyerap tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran secara signifikan.

Menurut Azhar, ada beberapa terobosan yang telah dilakukan pemerintah antara lain, adanya usulan ‘formula kenaikan upah’ yang dapat berlaku untuk 5 tahun, yang tentunya upah tetap naik setiap tahun.

“Namun formulanya yang akan diberlakukan selama 5 tahun, jadi tidak perlu ada lagi pembahasan formula setiap tahun. Hal ini akan memberi kepastian upah baik kepada pekerja maupun kepada perusahaan,” jelas Azhar di PT Adia Dimension Footwear, Balaraja, Tangerang, Banten, Senin (5/10).

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!