Ini Penyebab Rupiah Perkasa Hingga di Level Rp 14.200 Per Dolar AS

redaksi.co.id - Ini Penyebab Rupiah Perkasa Hingga di Level Rp 14.200 Per Dolar AS Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dalam dua hari ini terus mengalami...

17 0

redaksi.co.id – Ini Penyebab Rupiah Perkasa Hingga di Level Rp 14.200 Per Dolar AS

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dalam dua hari ini terus mengalami penguatan, bahkan sempat bergerak di level kisaran Rp 14.200 per dolar AS.

Lalu apa penyebab utama penguatan rupiah?

Analis Pefindo Guntur Tri Hariyanto mengatakan, penguatan rupiah terimbas oleh sentimen dari kinerja data ketenagakerjaan di Amerika Serikat (AS) yang jauh di bawah eskpektasi, sehingga dolar AS mengalami pelemahan terhadap berbagai mata uang.

“Data non farm payroll AS pada bulan September 2015 hanya mencapai 142 ribu atau 71 persen dari yang diperkirakan. Di lain pihak, upah tenaga kerja pada September 2015 cenderung tidak mengalami pertumbuhan atau stagnan,” ujar Guntur, Jakarta, Selasa (5/10/2015).

Kedua data tersebut, kata Guntur, memberikan indikasi masih belum kuatnya laju pertumbuhan ekonomi AS, sehingga memberikan persepsi rencana kenaikan suku bunga The Fed masih akan ditunda menunggu perkembangan data ekonomi yang lebih menyakinkan.

Sementara sentimen dari dalam negeri, Guntur melihat intervensi Bank Indonesia yang juga sudah masuk ke pasar valuta asing forward turut memberikan kontribusi terhadap penguatan rupiah.

Akan diumumkannya paket kebijakan tahap III oleh pemerintah, semakin menambah sentimen penguatan rupiah, karena paket ini diharapkan dapat mendorong daya beli masyarakat yang sudah rendah, dukungan bagi ekspor terutama untuk Usaha Kecil Menengah (UKM), dan juga peningkatan investasi.

“Ada harapan bahwa paket kebijakan III akan semakin menyentuh fundamental ekonomi secara mendasar sehingga dapat membantu ekonomi bisa bergulir lebih cepat lagi,” tutur Guntur.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!