Rizal Ramli Sindir Pejabat ESDM soal Izin Pengusaha Tambang Asing

redaksi.co.id - Rizal Ramli Sindir Pejabat ESDM soal Izin Pengusaha Tambang Asing JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli menyindir pejabat Kementerian Energi Sumber Daya...

11 0

redaksi.co.id – Rizal Ramli Sindir Pejabat ESDM soal Izin Pengusaha Tambang Asing

JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli menyindir pejabat Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) yang mempermudah izin pengusaha pertambangan asing.

Dalam hal ini Rizal menyebut pejabat tersebut memberikan perpanjangan izin kontrak 10 tahun lebih cepat dari yang ditetapkan.

Rizal menjelaskan, Peraturan Pemerintah nomor 77 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara baru bisa diperpanjang tiga tahun sebelum kontrak Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) habis.

“Ada pejabat yang keblinger untuk mempercepat menjadi 10 tahun,” ujar Rizal.

Rizal pun mengaku kecewa dengan pejabat Kementerian ESDM tersebut. Sebab sebaiknya sumber daya alam dari sektor pertambangan sebaiknya dikelola pengusaha lokal dalam negeri dahulu sebelum diserahkan ke asing lebih cepat.

“Saya kecewa dengan mental pejabat tersebut,” ungkap Rizal.

Menurut Rizal, pengusaha tambang yang tergabung dalam kontrak karya yang merupakan pengusaha lokal akan habis dalam lima tahun ke depan. Namun pengusaha asing yang tergabung dalam PKP2B lebih banyak mendapat kesempatan mengelola pertambangan di Indonesia.

“Kesempatan mengelola emas, kebanyakan kita kasih sama asing semua,” kata Rizal.

Sebelumnya diketahui, Menteri ESDM Sudirman Said menginginkan pemberian perpanjangan kontrak izin tambang dipercepat.

Menurut Sudirman jika perpanjangan kontrak baru bisa dilakukan dua tahun, tidak menjamin kelancaran investasi terutama dari sektor pertambangan.

“Ini aturan yang tidak masuk akal untuk menjamin investasi,” tegas Sudirman.

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!