Buruh: Pasuruan Gudangnya PHK

redaksi.co.id - Buruh: Pasuruan Gudangnya PHK Gunawan mencatat, sejak pertengahan 2014 sampai hari ini sudah ada 30 ribu pekerja di pabrik rokok yang mengalami PHK. Di...

38 0

redaksi.co.id – Buruh: Pasuruan Gudangnya PHK

Gunawan mencatat, sejak pertengahan 2014 sampai hari ini sudah ada 30 ribu pekerja di pabrik rokok yang mengalami PHK. Di Pasuruan, lanjutnya, ada 160 industri rokok rumahan dengan rata-rata mempekerjakan 50 orang.

“Sebanyak 468 orang ditambah 700 pekerja di pabrik rokok sigaret kretek tangan di PHK. Sebanyak 2.900 buruh di PHK dan tidak diberi pesangon. Padahal rokok kretek SKT adalah industri penyerap tenaga kerja yang tidak berpendidikan, hanya tamatan SD dan bergantung pada kecekatannya,” papar dia.

Dia mencontohkan, seorang buruh di pabrik Dji Sam Soe yang sudah bekerja selama 20 tahun, mampu menafkahi dan menyekolahkan dua orang anaknya hingga bangku kuliah dan menjadi sarjana. Buruh ini juga berhasil membeli rumah dan kendaraan bagi anaknya, padahal sang suami hanya pengayuh becak.

“Kalau di PHK, wanita ini mau kerja apa, karena usia mereka sudah cukup tua dan tidak makan bangku sekolah. Apa pemerintah tidak punya sumber penerimaan lain, kan ada Freeport, batu bara. Belum lagi larangan pemerintah daerah untuk menjual rokok, saya yakin PHK bakal terus menerus terjadi,” pungkas Gunawan.

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!