GroBer, Pasar Grosir Tanah Abang Versi Online

328

redaksi.co.id – GroBer, Pasar Grosir Tanah Abang Versi Online

Keberadaan teknologi memang semakin memudahkan penggunanya untuk mendapat banyak informasi hingga melakukan aktivitas bisnis. Hal ini yang dilirik oleh Dwi Hastoto, Founder dan CEO Grosir Bersama. Menurut Dwi, penggunaan teknologi informasi dapat membantu pengusaha, khususnya pengusaha kecil atau usaha kecil menengah, untuk dapat bersaing di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) ini.

Grosir Bersama (GroBer) adalah sebuah e-commerce yang menjual produk-produk milik pedagang grosir Tanah Abang, seperti pakaian, aksesoris, sepatu, tas, dan lain-lain. “Aktif sejak Mei 2012, GroBer ditujukan untuk menjembatani antara pedagang grosir dan pembeli grosir, khususnya yang berada di luar jakarta,” ungkap Dwi.

Langkah awal yang dilakukan oleh pria lulusan Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada ini adalah melihat bagaimana ada peluang yang besar dari banyaknya toko-toko di pusat grosir Tanah Abang. Menurutnya, hampir 20 ribu toko di sana dapat menjadi pasar dan mendatangkan keuntungan bagi pemilik toko. Selain itu yang membuat Dwi memiliki keinginan kuat menjalankan bisnis e-commerce ini adalah ia merasa harga sewa toko di Tanah Abang semakin meningkat setiap tahunnya.

Pedagang harus membeli kios seharga Rp 2,8 miliar untuk toko yang luasnya 7 meter persegi di Pusat Metro Tanah Abang. “Mahalnya harga sewa seperti itu membuat tidak semua pedagang mampu membayarnya, saya rasa mereka harus memperluas pasar dengan sistem online,” katanya.

Bermodal Rp 8 juta untuk men-develop aplikasi dan hosting , Dwi dan tim yang terdiri dari 10 orang, menyediakan layanan meliputi listing barang, pemotretan produk, perantara pembayaran, pengemasan, dan pengiriman. “Kami sebut manage service. Jadi pedagang dapat fokus untuk mengurus toko dan mengembangkan produk serta mematok harga, sedangkan kami yang meng- online -kan,” ujar Dwi.

Di awal berdirinya, Dwi mengalami kendala untuk mengajak para pedagang tersebut bergabung. Tetapi dengan strategi door to door yang ia terapkan dengan intensitas sering, saat ini sudah sekitar 1.000 toko bergabung di GroBer. Bahkan pengiriman barang tidak hanya meliputi seluruh Indonesia, tetapi sudah melakukan ekspor hingga ke Taiwan, Hong Kong, Singapura, dan Suriname.

(red/urista/urnamasari/NP)

loading...

Comments

comments!