Demi Dengar Suara Alien, Miliarder Ini Rela Rogoh Rp 1,3 Triliun

redaksi.co.id - Demi Dengar Suara Alien, Miliarder Ini Rela Rogoh Rp 1,3 Triliun Miliarder bernama Yuri Milner berambisi ingin mendengarkan suara alien. Ia rela berinvestasi cukup...

24 0

redaksi.co.id – Demi Dengar Suara Alien, Miliarder Ini Rela Rogoh Rp 1,3 Triliun

Miliarder bernama Yuri Milner berambisi ingin mendengarkan suara alien. Ia rela berinvestasi cukup besar untuk mewujudkan impiannya.

Yuri Milner mengatakan bahwa mungkin membutuhkan waktu bertahun tahun sebelum mendengar suara alien tersebut. Ia juga berjanji menggelontorkan dana US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun (kurs Rp 13.835 per Dollar AS) untuk mengoperasikan teleskop radio untuk mencari kehidupan di luar bumi.

Dalam acara Vanity Fair New Establishment Summit, Milner mengatakan bahwa ia didukung oleh para ilmuan Search for Extraterrestrial Intelligence Research Center (SETI) di Berkeley.

“Kami tidak mengirimkan sinyal apa pun,” kata Milner. “Kami hanya dalam mode mendengarkan.” ujar Milner.

Milner bukanlah satu satunya miliarder yang tertarik dengan antariksa. Mark Zuckerberg berencana memancarkan sinyal internet dari satelit untuk daerah daerah terpencil di Afrika.

Donasi yang Milner berikan akan digunakan untuk mendanai SETI selama 10 tahun, juga memungkinkan para ilmuwan untuk menyewa dua teleskop terbesar di dunia untuk mengamati sekitar satu miliar bintang dalam 100 galaksi yang berada di Bima Sakti.

“Kami fokus pada pertanyaan eksistensial yang lebih besar yang tidak didanai oleh orang lain,” kata Milner.

Milner sangat terinspirasi oleh kosmonot rusia Yuri Gagarin karena ia merupakan orang yang pertama kali pergi keluar angkasa. Milner juga terisnpirasi Carl Sagan dan penulis fiksi ilmiah Isaac Asimov.

Chairman emeritus SETI Frank Drake telah mencari alien sejak awal 1960-an. Meskipun ia belum menemukannya, Drake tetap optimis. “Kami mengharapkan alien ramah,” kata Drake.

(red/oudlon/R)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!